You are here:
pengguna iphone akan dapat install aplikasi ios di luar apple. Foto: Yopay

Pengguna iPhone Akan Dapat Instal Aplikasi iOS di Luar Apple App Store

Pengguna iPhone bisa mengunduh dan menginstal aplikasi iOS di luar Apple App Store atau pihak ketiga secara resmi untuk pertama kalinya sejak 2008. Penyebabnya gara-gara aturan baru di Undang-Undang Pasar Digital (Digital Markets Act/DMA).

Apple telah mengumumkan rencananya mengubah cara pengembang software dalam meluncurkan aplikasi iOS di Eropa sebagai responnya terhadap DMA. Dengan membuka opsi pihak ketiga untuk distribusi aplikasi iOS, Apple App Store sudah  bukan lagi satu-satunya toko aplikasi iOS.

Regulasi mulai diterapkan saat iOS 17.4 diluncurkan pada Maret 2024 mendatang, dan hanya berlaku bagi pemilik iPhone di Eropa. Sementara itu, pengguna iPhone di negara lain hanya bisa download di Apple App Store.

Aturan baru DMA memaksa Apple untuk membuka toko aplikasi alternatif bagi penggunanya di Eropa. Jadi pengguna iPhone di Eropa juga memiliki opsi selain Apple App Store dalam mengunduh aplikasi iOS.

Anda harus mengunduh terlebih dahulu toko aplikasi pihak ketiga dari website-nya. Untuk bisa digunakan di iPhone. Toko aplikasi pihak ketiga juga perlu mendapatkan persetujuan dari Apple dan izin pengguna agar aplikasinya dapat terpasang ke iPhone.

Baca Juga: Cara Memindahkan Kontak dari iPhone ke Android yang Perlu Diketahui

ilustrasi: Pengguna Iphone. Foto: Unsplash

Setelah proses tersebut dilalui, pengguna dapat download dan instal aplikasi iOS apapun ke iPhone miliknya, termasuk aplikasi yang melanggar pedoman Apple App Store.

Sementara itu, developer dapat memilih apakah akan tetap menggunakan layanan Apple dan pembelian dalam aplikasi atau mengintegrasikan sistem pembayaran via pihak ketiga tanpa membayar biaya tambahan kepada Apple. Jika Anda masih mengandalkan sistem pembayaran dalam aplikasi dari Apple, ada tambahan biaya pemrosesan sebesar 3 persen.

Apple sendiri berencana untuk terus memantau proses distribusi aplikasi iOS. Semua aplikasi harus melalui pengesahan dan persetujuan Apple terlebih dahulu, dan distribusi via pihak ketiga masih dikelola oleh sistem Apple.

Pengembang hanya diizinkan untuk mendistribusikan satu versi aplikasinya di toko aplikasi yang berbeda. Mereka juga masih harus memenuhi beberapa persyaratan dasar platform, termasuk aplikasinya dipindai untuk deteksi malware.

 

Bagikan

Berlangganan Sekarang

Update berita & promo terbaru YOPAY!

Lainnya
Cara Membeli Token PLN 99 Ribu di Menu Promo Yopay. Foto: Yopay
Penggunaan Kuota Shopping AXIS beserta…
chat lock wa. Foto: Yopay
Langkah Mudah Bayar PBB Kota…
Cara Menggunakan Microsoft Temas Untuk Bekerja. Foto: Yopay
Apa Itu Paket Unlimited Nonstop…
Cara Menggunakan Microsoft Temas Untuk Bekerja. Foto: Yopay
Cara Beli PLN Token End…
Cara Menggunakan Microsoft Temas Untuk Bekerja. Foto: Yopay
Cara Bayar Pajak Bumi Bangunan…
Yopay footer-min

Jadi Untung Sekarang Juga

#PastiDetikan

4.8

Play Store

4.8/5