Upload konten di media sosial membutuhkan beberapa strategi, salah satunya yaitu strategi waktu. Untuk meningkatkan engagement, pengguna harus tahu waktu yang tepat untuk mengunggah sebuah konten.
Penelitian yang dilakukan oleh Sprout Social menemukan bahwa setiap media sosial memiliki peak times atau “jam ramai” yang berbeda-beda. Sprout Social melakukan analisis tren media sosial yang dianalisis terdiri dari Facebook, Instagram, TikTok, Twitter, Pinterest, dan LinkedIn.
Menurut Sprout, waktu terbaik untuk upload konten di media sosial berada pada pukul 09.00 pagi hingga siang hari sekitar pukul 14.00. Hari paling baik untuk upload konten adalah Selasa dan Rabu, sedangkan hari yang paling kurang ramai adalah Minggu.Facebook tercatat memiliki tingkat engagement yang paling tinggi di hari Senin-Kamis. Sementara untuk jadwal uploadnya, paling ramai dilakukan di pagi hari dengan rentang waktu pukul 08.00 – 14.00.
Baca Juga: Cara Mengamankan Akun Instagram Agar Tidak Diretas Hacker
Berikut jadwal waktu terbaik untuk posting konten di Facebook.
- Pukul 08.00 hingga 13.00 pada hari Senin
- Pukul 08.00 hingga 14.00 pada hari Selasa
- Pukul 08.00 hingga 13.00 pada hari Rabu
- Pukul 08.00 hingga 11.00-12.00 pada hari Kamis
Gambar tersebut berasal dari Sprout yang menggunakan data untuk posting konten di Facebook. Memasuki hari Jumat hingga akhir weekend terjadi penurunan tren dan engagement.
Nah, data tersebut mengindikasikan bahwa upload konten di hari libur merupakan keputusan yang buruk. Di hari Sabtu dan Minggu interaksi pengguna terlihat sangat sedikit.
Peningkatan traffic hanya terjadi di hari kerja pada pagi hari, sedangkan penurunan tren paling banyak terjadi di hari Sabtu siang dan Minggu.