Sebagai provider yang banyak diminati masyarakat Indonesia, Telkomsel mempunyai produk yang beragam, salah satunya voucher paket internet. Voucher paket internet digunakan untuk menambah jumlah paket data.
Namun, ada pula kendala yang sering dirasakan para pengguna, seperti voucher paket internet Telkomsel yang tidak bisa digunakan. Hal ini pasti akan membuat Anda merasa kesal karena voucher tersebut menjadi sia-sia.
Padahal, sebenarnya kasus tersebut bisa dicegah jika Anda mengetahui penyebabnya. Lantas, apa saja penyebab voucher Telkomsel tidak bisa digunakan?
Baca Juga: 3 Cara Mendapat Pulsa Darurat Telkomsel dan Syarat yang Perlu Diperhatikan
Penyebab Voucher Telkomsel Tidak Bisa Digunakan
Ada beberapa penyebab voucher Telkomsel tidak bisa digunakan, simak ulasannya dibawah ini.
1. Voucher Telah Kedaluwarsa
Penyebab voucher Telkomsel tidak bisa digunakan adalah voucher sudah kedaluwarsa. Voucher Telkomsel memiliki batas waktu masa aktif yakni 60 hari sejak pengisian kuota oleh reseller. Jika sudah melewati batas waktu, maka voucher tidak bisa digunakan.
2. Kode Voucher Sudah Digunakan
Penyebab kedua, kode voucher tersebut sudah digunakan oleh orang lain dan server sedang sibuk. Jika Anda mendapati masalah tersebut, hubungi Customer Service Telkomsel di 888.
3. Pastikan Kode Voucher yang Dimasukkan Valid
Anda harus memasukkan kode dengan teliti agar tidak terjadi kesalahan. Kode voucher Telkomsel berjumlah 17 digit angka.
Jika Anda salah memasukkannya, maka voucher tersebut tidak bisa digunakan. Karenanya, sebaiknya gosok kode hologram dengan hati-hati agar kode bisa terbaca dengan baik.
4. Kode Voucher Beda Regional
Anda harus teliti saat memeriksa tulisan yang ada di dalam voucher. Sebab, tidak semua wilayah memiliki harga dan paket kuota yang sama.
5. Voucher Tidak Masuk
Jika kode voucher masih gagal untuk aktivasi, penyebab voucher tidak masuk karena Anda memasukkan kode yang salah. Cek ulang kembali, mulai dari kode USSD hingga kode vouchernya.
Selain itu, pastikan bahwa kode voucher sudah sesuai dengan angka yang ada pada kemasan voucher.
6. Maaf Sistem Sedang Sibuk
Penyebab selanjutnya, adanya kesalahan sistem. Dalam kondisi ini, Anda akan menerima pesan “Maaf Sistem sedang Sibuk”. Tunggu dan coba lagi dalam beberapa waktu.
7. Error Tidak Terdaftar pada Jaringan
Periksa jaringan wilayah Anda. Kondisi ini bisa disebabkan adanya error yang menyebabkan voucher tidak terdaftar pada jaringan.
Error seperti ini ditandai dengan munculnya pesan “Tidak Terdaftar pada Jaringan” atau “Masalah Sambungan atau Kode MMI Tidak Valid”.
Ada berbagai faktor yang bisa mengakibatkan kondisi error tersebut, seperti sinyal yang jelek ataupun gangguan operator seluler.