Di era digital ini, PLN memberikan layanan berupa PLN Mobile yang bertujuan untuk memudahkan pelanggan melakukan pembayaran listrik. Melalui aplikasi PLN Mobile, pelanggan bisa melakukan pembayaran listrik dimana saja dan kapan saja.
Namun, untuk bisa melakukan pembayaran listrik melalui PLN Mobile, pelanggan harus top up saldo terlebih dahulu. Pengisian saldo PLN Mobile bisa dilakukan melalui berbagai metode.
Cara Top Up PLN Mobile
Merangkum dari laman resmi PLN, ini dia top up saldo PLN Mobile yang bisa dilakukan oleh para pelanggan.
- Buka aplikasi PLN Mobile.
- Pilih menu “Token & Pembayaran”.
- Masukkan nomor IDPEL. Pastikan bahwa IDPEL atau nomor meteran telah benar.
- Klik “Beli Token”.
- Pilih harga token yang akan dibeli, kemudian klik “Lanjutkan Pembayaran”.
- Pilih metode pembayaran. Anda bisa membayar melalui Bank BCA, Mandiri, BRI, BNI, dan BTN. Bisa juga melalui e-wallet seperti LinkAja, GoPay, DANA, OVO, dan ShopeePay.
- Tagihan PLN pun sudah terbayar. Pelanggan akan mendapatkan notifikasi jika transaksi telah berhasil.
Cara Pemasangan Listrik Baru
Bagi Anda yang akan melakukan pemasangan listrik baru bisa dilakukan melalui layanan aplikasi PLN Mobile. Berikut langkah-langkahnya:
- Buka aplikasi PLN Mobile
- Pilih menu “Pasang Baru”.
- Pilih lokasi pemasangan
- Isi detail layanan, data SLO, pilih token (khusus prabayar), dan isi data pelanggan.
- Pilih menu “Kirim Permohonan” dan lakukan pembayaran. Nantinya petugas penyambungan dari PLN akan melakukan pemasangan kWh meter di rumah Anda.