Ada beberapa alasan kenapa pengguna iPhone mendapatkan kesalahan error tersebut. Contohnya, kesalahan konfigurasi perangkat atau masalah pada operator yang digunakan.
Adanya kendala tersebut menyebabkan pengguna tidak bisa memakai perangkat untuk berkomunikasi secara optimal. Sebelum mengetahui cara mengatasi eSIM tidak ada layanan di pengguna iPhone, pastikan kartu eSIM yang dipakai sudah sesuai dengan perangkat.
Sebagai informasi, model iPhone 14 yang telah dibeli di Amerika Serikat tidak memiliki baki SIM card sehingga hanya mendukung SIM Card digital atau eSIM. Selain itu, pastikan operator mendukung jangkauan area pengguna.
Baca Juga: Cara Mengaktifkan eSim Smartfren yang Perlu Diketahui Pengguna
Cara Mengatasi eSIM Tidak Ada Layanan di Pengguna iPhone
Berikut cara mengatasi eSIM yang tidak terdapat layanan di Iphone. Simak uraian selengkapnya.
Jika Pengguna Baru Mengaktifkan eSIM
Berikut tahapan yang bisa diikuti saat eSIM yang baru diaktifkan menampilkan pesan tidak ada layanan atau error.
1. Tunggu Beberapa Jam
Beberapa operator mungkin memerlukan waktu selama empat sampai lima jam untuk mengonversi kartu SIM fisik menjadi eSIM. Biasanya pengguna akan mendapatkan berupa email atau SMS saat eSIM sudah aktif sepenuhnya.
2. Restart iPhone
Jika memerlukan waktu lebih lama dari yang dibutuhkan, sekarang cobalah Anda untuk memulai ulang iPhone untuk menyegarkan jaringan.
3. Hubungi Operator
Ketika kedua cara di atas tidak berhasil hingga 24 jam, pengguna perlu menghubungi operator ponsel. kemungkinan pengguna perlu menginstal ulang profil eSIM dengan meminta kode QR baru dari operator nirkabel.
Jika eSIM di iPhone Berhenti Bekerja Secara Tiba-tiba
Jika perangkat iPhone menampilkan notif pesan “Tidak Ada Layanan” secara tiba-tiba, pengguna bisa mengikuti beberapa cara berikut ini.
Hidup atau Matikan Jaringan eSIM
Caranya sebagai berikut buka menu Pengaturan, kemudian pilih menu Seluler dan ketuk paket data eSIM yang telah dipakai. Setelah itu matikan saklar untuk opsi Turn On this Line. Tunggu beberapa detik dan hidupkan kembali.
2. Hidup dan Matikan Mode Pesawat
Fitur mode pesawat merupakan cara lama yang bisa dipakai untuk memperbaiki masalah “Tidak ada Layanan” di iPhone. Cara ini juga bisa dilakukan pada jaringan eSIM untuk menyegarkan jaringan.
3. Instal Ulang Paket Data Esim
Selanjutnya hapus sementara paket data dari iPhone Dual SIM. Setelah itu, aktifkan kembali dengan meminta kode QR baru untuk eSIM dari operator.