You are here:
Kenapa Tagihan PLN Membengkak. Foto: Yopay

Kenapa Tagihan PLN Membengkak? Ini Ternyata 5 Penyebabnya

Listrik adalah kebutuhan rumah tangga yang paling penting karena sebagian dari peralatan di rumah menggunakan listrik. Akan tetapi pasti Anda pernah mengalami tagihan listrik yang tiba – tiba membengkak yang Anda sendiri tidak bisa memprediksi hal tersebut. 

Penyebab tagihan listrik membengkak tersebut tanpa disadari akibat kesalahan dalam perilaku penggunaan listrik sehari – hari. Sehingga tagihan listrik membengkak walaupun Anda sudah melakukan upaya penghematan. 

Berikut simak dibawah ini 5 kebiasaan sepele yang bisa membuat tagihan listrik Anda membengkak simak selengkapnya.

Baca Juga: Awas Penipuan Berkedok Tagihan PLN Melalui Whatsapp

Ilustrasi Paket Three Data Unlimited di Yopay. Foto: pexels

5 Penyebab Tagihan PLN Membengkak

Simak di bawah ini untuk mengetahui apa saja 5 penyebab tagihan listrik membengkak simak selengkapnya pada penjelasan di bawah ini. 

  • Lupa mencabut charger handphone 

Hal ini seringkali membuat tagihan listrik membengkak karena tidak dipakai dan dibiarkan menempel di stop kontak sekitar 0.26 watt. Bisa Anda hitung berapa watt yang terbuang sia-sia karena kelalaian Anda sendiri. 

  • Menyalakan lampu di siang hari 

Penyebab kedua adalah menyalakan lampu pada siang hari. Hal ini cukup mubazir, pasalnya Anda bisa lebih memanfaatkan cahaya alami yang berasal dari matahari pada saat siang hari. 

  • Sering membuka tutup kulkas 

Kebiasaan membuka tutup kulkas adalah salah satu penyebab mengapa tagihan listrik di rumah Anda bisa membengkak. Membuka tutup kulkas ternyata bisa menyedot listrik dalam jumlah yang cukup besar, mesin akan terus bekerja menyesuaikan suhu di dalamnya pada saat Anda membuka tutup kulkas. 

  • Kabel Rice Cooker dan Dispenser yang selalu tercolok

Rice cooker merupakan salah satu alat elektronik yang sangat memudahkan aktivitas memasak nasi. Alat ini menjadi salah satu penyebab tagihan listrik membengkak, karena seringkali tidak mencabut kabel rice cooker yang seharusnya tidak dipakai hal ini membuat tarif listrik Anda menjadi membengkak. 

  • Cek meteran KWH secara berkala 

Anda harus melakukan cek meteran KWH secara berkala karena pada saat melakukan pengecekan KWH setiap bulan. Anda bisa membandingkan meteran bulan sebelumnya dengan bulan ini. Jika terjadi angka kenaikan tagihan listrik, artinya angka KWH meter atas penggunaan perangkat elektronik Anda juga meningkat. 

Itu dia 5 penyebab tagihan PLN membengkak yang perlu Anda ketahui, supaya lebih bijak lagi dalam penggunaan listrik agar tidak lagi terjadi pembengkakan tagihan listrik secara berulang kali. 

Semoga ulasan yang mimin sampaikan bisa membantu dan bermanfaat dan bisa membuat Anda untuk lebih bisa mengontrol penggunaan listrik sehari – hari agar tagihan listrik tidak membengkak.  

Bagikan

Berlangganan Sekarang

Update berita & promo terbaru YOPAY!

Lainnya
Cara Membeli Token PLN 99 Ribu di Menu Promo Yopay. Foto: Yopay
Penggunaan Kuota Shopping AXIS beserta…
chat lock wa. Foto: Yopay
Langkah Mudah Bayar PBB Kota…
Cara Menggunakan Microsoft Temas Untuk Bekerja. Foto: Yopay
Apa Itu Paket Unlimited Nonstop…
Cara Menggunakan Microsoft Temas Untuk Bekerja. Foto: Yopay
Cara Beli PLN Token End…
Cara Menggunakan Microsoft Temas Untuk Bekerja. Foto: Yopay
Cara Bayar Pajak Bumi Bangunan…
Yopay footer-min

Jadi Untung Sekarang Juga

#PastiDetikan

4.8

Play Store

4.8/5