You are here:

Pembukuan Usaha Konter Pulsa, Contoh dan Cara Pembuatannya

Bisnis jual pulsa merupakan salah satu bisnis yang berkembang di masyarakat. Mengingat pulsa kini sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Tidak heran jika banyak yang ingin mendirikan usaha konter pulsa. Namun kebanyakan mereka tidak memiliki pembukuan usaha konter pulsa yang tepat dan terperinci, Padahal, laporan pembukuan konter merupakan salah satu hal terpenting dalam mengembangkan bisnis.

Alasan yang paling umum adalah kurangnya keterampilan, waktu belajar, dan waktu untuk merangkum semua data yang tersedia. Dibandingkan dengan bisnis lain, pembukuan konter pulsa sebenarnya relatif sederhana. Dibawah ini adalah beberapa cara membuat pembukuan usaha konter pulsa untuk bisnis Ansa.

 

Membuat Laporan Penjualan

a. Laporan Penjualan Manual

Langkah pertama yang diperlukan untuk mencatat transaksi keuangan secara manual adalah dengan membuat laporan penjualan. Tergantung pada preferensi Anda, Anda dapat menyiapkan buku catatan atau buku folio biasa untuk mencatat transaksi ini. Setelah buku selesai, buat 6 kolom di buku tersebut :

  • Tanggal
  • Nomor transaksi harian
  • Nama pembeli.
  • Transaksi yang dilakukan pembeli.
  • Nomor ponsel pembeli.Total pembelian
b. Laporan Penjualan Digital

Penjualan digital ini terjadi ketika pembeli membeli pulsa melalui WhatsApp dan membayar menggunakan aplikasi dompet digital. Tentu, Anda dapat menggabungkan buku ini dengan buku penjualan di atas, jika Anda tidak memiliki banyak orang yang menggunakan metode ini di konter Anda. Disadari atau tidak, uang digital seringkali datang dan pergi tanpa sepengetahuan Anda (selama Anda membelanjakannya tanpa menyadari itu adalah hasil bisnis).

Membuat Catatan Pembelian

Buku catatan pembelian, merupakan salah satu buku yang wajib dimiliki oleh semaua pedangan, tidak terkecuali penjual pulsa. Buku catatan pembelian digunakan untuk merekap transaksi pembelian ke perusahaan provider atau distributor Anda. Dengan adanya catatan ini, dengan mudah Anda bisa mengetahui kapan ada melakukan transaksi dan jumlah yang Anda keluarkan untuk pembelian pulsa.

Untuk membuat catatan ini Anda harus menyiapkan 5 kolom :

  • Tanggal pembelian
  • Kode transaksi
  • Nama provider/distributor
  • Jenis Transaksi
  • Jumlah uang yang Anda keluarkan
  • Ttd penerima

Selain catatan pembelian, jangan lupa juga Anda menyimpan nota / bukti pembelian yang diberikan oleh provider atau distributor.

Membuat Catatan Utang-Piutang

Buku piutang merupakan buku yang digunakan untuk mencatat utang-piutang yang dilakukan oleh pelanggan maupun penjual. Buku ini berisi nominal pulsa yang dihutang dan data pemberi hutang.

Pembukuan utang-piutang biasanya diisi setiap adanya transaksi utang-piutang berdasarkan data pembayaran atau transaksi seperti faktur dan nota.

Dengan adanya buku ini Anda bisa mengukur rasio hutang usaha Anda. Buku ini Anda juga bisa mengetahui status utang terkini usaha Anda. Hal ini untuk mempertimbangkan Anda untuk mengambil keputusan selanjutnya

Selain menggunakan catatan manual, Anda bisa menggunakan microsoft excel atau aplikasi spreadsheet lainnya untuk media pencatatan laporan keuangan konter pulsa Anda. Media pencatatan ini mempermudah penghitungan transaksi harian Anda secara otomatis.

Dengan media ini Anda dapat menggabungkan catatan penjualan, pembelian dan utang-piutang Anda sekaligus dalam satu spreadsheet.

Jika Anda menjadi Agen Pulsa Yopay, Anda tidak perlu membuat catatan penjualan Anda. Yopay merupakan Aplikasi Distributor pulsa yang menyediakan pembelian pulsa dilengkapi dengan riwayat penjualan, pembelian, dan bon saldo yang dapat merekap piutang pelanggan Anda.

Download Aplikasi Yopay sekarang Juga !!

 

 

 

Bagikan

Berlangganan Sekarang

Update berita & promo terbaru YOPAY!

Yopay footer-min

Jadi Untung Sekarang Juga

#PastiDetikan

4.4

Play Store

4.4/5