Kenapa kuota lokal tidak bisa digunakan? Pada saat melakukan pembelian paket internet tertentu biasanya akan mendapatkan sebuah kuota lokal. Pada saat kuota utama habis, biasanya penggunaan internet akan dialihkan ke kuota lokal.
Namun banyak orang yang bertanya-tanya kenapa tidak bisa menggunakan internet padahal bonus kuota lokal masih ada. Untuk menjawab pertanyaan kenapa kuota lokal tidak bisa digunakan berikut Yopay coba ulas pada artikel kali ini.
Cara mengatasi internet lokal di bawah ini dapat digunakan untuk berbagai jenis provider seperti Telkomsel, Indosat, IM3, b.YU, Smartfren, XL, Axis, Tri, dan lainnya.
Baca Juga: Waktu Tetbaik Untuk Upload Konten di Media Sosial, Biar Cepat Trending
Kenapa Kuota Lokal Tidak Bisa Digunakan
Penyebab utama kuota lokal tidak bisa digunakan adalah lokasi Anda berbeda pada saat pembelian atau aktivasi paket. Dengan kata lain kuota lokal adalah paket yang hanya bisa digunakan pada tempat dimana Anda melakukan registrasi paket sebelumnya.
Lantas, bagaimana jika Anda berada di lokasi yang sama dengan pembelian aktivasi paket, namun kuota lokal tersebut masih tidak bisa digunakan? Berikut cara mengatasinya.
Cara Mengatasi Kuota Lokal Telkomsel Tidak Bisa Digunakan
Periksa Ulang Area Aktivasi Paket
Jika lokasi Anda saat ini berbeda dari lokasi pada saat awal aktivasi paket, maka kuota lokal tidak dapat digunakan. Anda bisa mengatasinya dengan mengatur ulang lokasi.
2. On & Off Mode Pesawat
Aktifkan mode pesawat kemudian setelah 30 detik nyalakan kembali.
3. Restart Ponsel
Cara ketiga, lakukan reboot pada ponsel. Hal ini bertujuan untuk menyegarkan kembali ponsel Anda.
4. Matikan Aplikasi VPN
Jika Anda mempunyai aplikasi VPN, cobalah untuk mematikannya terlebih dahulu. Biasanya tanpa sadar aplikasi vpn yang digunakan masih aktif dan tentunya lokasi Anda akan berubah sesuai dengan jenis vpn yang sedang digunakan.
5. Terdapat Gangguan Jaringan
Adanya masalah jaringan dari pihak operator juga dapat menjadi penyebab Kenapa kuota lokal tidak bisa digunakan. Anda hanya perlu menunggu beberapa saat hingga kembali normal.
6. Hubungi Pihak Operator
Jika ke semua cara di atas masih belum berhasil, bisa jadi adanya kesalahan pada kartu yang Anda gunakan. Silakan hubungi CS dari operator yang Anda gunakan.