You are here:
Tips Memperlambat Putaran Meteran Air PDAM

Tips Memperlambat Putaran Meteran Air PDAM

Tips Memperlambat Putaran Meteran Air perlu diketahui bagi Anda yang merasa tagihan air Anda naik, mungkin karena meteran air yang berputar tidak bisa berhenti. Padahal, jumlah air yang dikonsumsi rumah tangga Anda tidak melebihi batas yang wajar.

Sebenarnya, ada beberapa faktor yang berkontribusi terhadap hal ini. Biasanya hal ini disebabkan oleh adanya kebocoran pada pipa atau saluran air. Meteran air itu sendiri adalah alat yang mengukur jumlah air yang mengalir di dalam pipa. Selain itu, alat ini juga dilengkapi dengan beberapa fungsi seperti sensor, indikator dan counter yang memantau sistem kerja alat tersebut. Semua rumah atau bangunan harus memiliki saluran air PDAM dengan meteran air.

Jika Anda ingin mengajukan keluhan, Anda harus terlebih dahulu memeriksa pipa air di rumah Anda. Berdasarkan hal tersebut, dimungkinkan untuk menemukan kebocoran pada pipa setelah meteran air. Oleh karena itu air terbuang percuma dan Anda tetap mendapatkan tagihan. Ini memungkinkan Anda untuk memeriksa dan mencari tahu mengapa meteran air terus berjalan. Anda mungkin juga melihat air merembes ke dalam gedung.

Tips Memperlambat Putaran Meteran Air

Penyebab cepatnya perputaran meteran air adalah kebocoran pipa atau jumlah air yang berlebihan. Berikut tips memperlambat putaran meteran air.

 

Lindungi Meteran Air Terhadap Penguburan

Usahakan dasar perhitungan tagihan meteran air  (srand meter) tetap jelas. Lindungi dari penguburan atau tertimpa benda lain yang menyebabkan terdapat goresan pada meteran. Hal tersebut bisa mengurangi kesalahan saat petugas PDAM mencatatnya.

 

Pastikan Tidak Ada Benda Berat Yang Menghalangi Meteran Air

Jika terdapat benda berat yang menghalangi meteran air Anda, akan menghalangi petugas saat mengecek tagihan Anda. Sehingga hasil kebenaran data tagihan Anda menjadi kurang akurat. Maka perlu untuk Anda memastikan tidak ada benda berat yang menghalangi meteran air Anda

 

Selalu Memeriksa Stand Meter PDAM Anda

Jangan lupa untuk selalu mengecek dasar perhitungan tagihan (stand meter) yang tertera pada meteran air Anda. Sebaiknya periksa ini segera setelah Anda menerima tagihan air. Karena jika Anda cek stand meter keesokan harinya, nomor meteran air sedikit berubah dari nomor yang diumumkan sebelumnya.

Jika Anda sudah mengetahui alasan mengapa meteran air terus berputar, akan lebih mudah bagi Anda untuk memahami cara kerjanya. Tentunya hal ini dapat membantu Anda dalam menggunakan meteran air sesuai fungsinya.

Baca Juga : Cara Bayar Tagihan PDAM Online Lewat Aplikasi

Bagikan

Berlangganan Sekarang

Update berita & promo terbaru YOPAY!

Yopay footer-min

Jadi Untung Sekarang Juga

#PastiDetikan

4.8

Play Store

4.8/5