You are here:
Telkomsel-dan-XL-Axiata-Kapan-Rilis-eSIM-Yopay.png

Telkomsel dan XL Axiata Kapan Rilis eSIM?

Dilansir dari berita detik.com pada tanggal 23 Desember lalu – Secara khusus, dua operator seluler meluncurkan produk eSIM atau SIM digital, yakni Smartfren dan yang terbaru Indosat Ooredoo Hutchison (IOH). Bagaimana dengan Telkomsel dan XL Axiata?

Direktur Komunikasi Telkomsel Saki Hamsat Bramono mengumumkan bahwa Telkomsel saat ini terus mengkaji adopsi teknologi eSIM. Terutama untuk memastikan ekosistem industri siap menerima perkembangan teknologi terbaru ini, sebelum rilis.

“Dalam pengembangan e-SIM di Indonesia, Telkomsel juga mengikuti regulasi atau pedoman yang akan dikeluarkan nanti oleh pemerintah,” kata Saki.

Sama dengan XL Axiata. Anak perusahaan Axiata ini juga berupaya untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan zaman dan teknologi baru.

“Salah satu teknologi yang diteliti adalah penerapan teknologi eSIM. Di jaringan, XL Axiata sudah siap untuk implementasi eSIM, bahkan secara internal beberapa karyawan XL Axiata sudah menggunakan kartu eSIM XL Axiata,” kata Group Communications Director XL. Axiata, Retno.Wulan.

Namun, Wulan mengatakan sebelum resmi meluncurkan kartu eSIM, XL Axiata harus memastikan customer experience terjaga dengan baik. Karena penyedia ponsel ingin pelanggan dapat mengaktifkan kartu eSIM di masa mendatang tanpa ada masalah yang perlu disebutkan. “Oleh karena itu, XL Axiata akan terus melakukan riset penerapan teknologi eSIM dan memastikan ekosistem industri siap mengadopsi teknologi terbaru ini,” ujar Wulan.

Meskipun ada beberapa smartphone yang mendukung kartu eSIM. Meski saat ini masih terbatas pada ponsel andalan, teknologi baru ini kemungkinan besar akan diluncurkan ke ponsel andalan juga. Hal ini didorong oleh Apple yang melepas kartu SIM fisik dari seri iPhone 14 miliknya yang dijual di pasar AS.

Smartphone yang mendukung eSIM tersedia di Indonesia untuk iPhone 11 dan lebih baru, iPad mini, iPad generasi ke-7 dan lebih baru, Samsung Galaxy flagships:

Galaxy Note 20 series, Galaxy S21 series, Galaxy S22 series, Galaxy Z Flip and Fold series, Galaxy Watch4, Huawei P40 atau Pixel 2 series atau lebih tinggi.

Baca juga : Cara registrasi kartu All operator

Diatas adalah berita update provider bulan ini. Anda dapat melakukan pembelian pulsa dan paket data terlengkap dan terpercaya melalui Aplikasi Yopay. Download Aplikasi Yopay ! DISINI

Bagikan

Berlangganan Sekarang

Update berita & promo terbaru YOPAY!

Lainnya
Cara Membeli Token PLN 99 Ribu di Menu Promo Yopay. Foto: Yopay
Penggunaan Kuota Shopping AXIS beserta…
chat lock wa. Foto: Yopay
Langkah Mudah Bayar PBB Kota…
Cara Menggunakan Microsoft Temas Untuk Bekerja. Foto: Yopay
Apa Itu Paket Unlimited Nonstop…
Cara Menggunakan Microsoft Temas Untuk Bekerja. Foto: Yopay
Cara Beli PLN Token End…
Cara Menggunakan Microsoft Temas Untuk Bekerja. Foto: Yopay
Cara Bayar Pajak Bumi Bangunan…
Yopay footer-min

Jadi Untung Sekarang Juga

#PastiDetikan

4.8

Play Store

4.8/5