Selama menjalani usaha konter pulsa, pastinya sering kali Anda mengalami kendala. Salah satu kendala yang paling sering dan umum adalah pulsa tidak masuk. hal ini yang mengakibatkan konter pulsa sering mendapatkan komplain pelanggan. Seperti yang Anda ketahui, kejadian pulsa tidak masuk tapi saldo Anda sudah terpotong merupakan masalah yang cukup mengkhawatirkan, sehingga sering kali Anda ingin tahu apa penyebabnya. Berikut beberapa faktor yang mengakibatkan pulsa Anda tidak terkirim, cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.
1. Salah Nomor
Penyebab pulsa tidak masuk salah satunya bisa dikarenakan Anda salah memasukkan nomor Anda. Nomor yang akan dilakukan pengisian pulsa tidak boleh ada kesalahan meskipun hanya 1 angka. Karena bisa mengakibatkan pulsa yang Anda isi tidak terkirim atau bisa juga masuk ke nomor orang lain.
Untuk mengatasi hal tersebut pastikan terlebih dahulu nomor yang ingin Anda isi pulsa sudah sama dengan nomor pelanggan. Kedua pastikan nomor yang diberikan pelanggan sudah benar, karena tidak jarang pelanggan sendiri yang salah memberikan nomor.
2. Gangguan Jaringan
Penyebab pulsa tidak terkirim selanjutnya adalah gangguan jaringan. Gangguan jaringan menyebabkan pulsa lama terkirim atau pending meskipun saldo Anda sudah terpotong. Karena biasanya tidak ada pemberitahuan adanya gangguan tersebut oleh pihak provider Hal yang perlu Anda lakukan adalah memberitahu pelanggan untuk menunggu maksimal 1*24 jam setelah proses pengisian pulsa dan menunggu notifikasi dari pihak provider.
3. Sinyal Tidak Stabil
Beberapa konter pulsa yang berada jauh dari menara pemancar sinyal bisa menjadi penyebab sinyal Anda lemah atau tidak stabil. Penyebab lain adalah kondisi cuaca. Cuaca yang tidak menentu atau sedang hujan bisa menyebabkan sinyal Anda tidak stabil. Kondisi sinyal yang tidak stabil bisa menyebabkan pengisian pulsa untuk operator tertentu lama terkirim.
4. Data Seluler Masih Aktif
Tak jarang saldo pulsa pelanggan tidak bertambah, meskipun pengisian berhasil, sebaiknya terlebih dahulu memeriksa status data seluler ponsel pelanggan untuk melihat apakah data seluler dalam keadaan aktif.
Hal ini biasanya disebabkan oleh kelalaian pelanggan yang membiarkan data seluler mereka aktif sedangkan paket data mereka sudah habil dan ingin mengisi kembali saldo mereka. Alangkah lebih baik menonaktifkan terlebih dahulu karena hal itu bisa mengakibatkan pulsa pelanggan berkurang secara otomatis setelah melakukan pengisian ulang.
5. Dalam Mode Pesawat
Terkadang bukan masalah jumlah atau lokasi, ini masalah menyalakan mode pesawat. Sebenarnya bagus untuk sering mereset jaringan, tetapi jika dibiarkan, jaringan tidak akan masuk.Jadi jika mode Pesawat masih aktif alhasil pulsa pelanggan tidak akan bisa masuk, maka mode ini harus dimatikan.
Berikut langkah-langkahnya:
- Gulir navigasi ke bawah
- Selanjutnya, cari ikon pesawat.
- Kemudian periksa apakah menyala atau mati (biasanya jika menyala ditandai dengan warna).
- lalu klik untuk menonaktifkannya.
Yopay menyediakan layanan customer service 24 jam, yang selalu siap memberi solusi setiap kendala yang dialami pelanggan saat melakukan transaksi pembelian pulsa. Download Aplikasi Yopay sekarang juga
Demikian beberapa faktor yang dapat mempengaruhi mengapa pulsa yang Anda kirimkan ke pelanggan tidak masuk yakni salah nomor tujuan, kuota data seluler masih aktif, kelalaian pengguna dan gangguan operator. Ini dapat diselesaikan dengan menggunakan berbagai cara seperti yang disebutkan di atas. Semoga bermanfaat !
Baca Juga : Cara memilih distributor pulsa termurah dan terpercaya