You are here:
Pengertian resesi ekonomi dan cara mengatasi resesi ekonomi

Pengertian Resesi Ekonomi dan Cara Mengatasinya

Pengertian Resesi Ekonomi

Resesi Ekonomi adalah penurunan aktivitas ekonomi yang signifikan selama periode stagnan dan berkepanjangan yang dapat berlangsung dari bulan ke tahun. Resesi juga berarti penurunan besar-besaran dalam aktivitas ekonomi.

Pengertian Resesi Ekonomi menurut para ahli, resesi terjadi ketika pengangguran dalam ekonomi negara meningkat, penjualan ritel menurun, produk domestik bruto (PDB) negatif dan kontrak pendapatan dan output untuk waktu yang lama, atau pertumbuhan ekonomi riil negatif. dua kuartal berturut-turut.

 

Cara Mengatasi Resesi Ekonomi

Banyak perusahaan mem-PHK karyawan karena resesi ekonomi. Berita PHK massal membayangi para pekerja kantoran lainnya. Seakan bersiap menghadapi kemungkinan terburuk, mereka juga mencari opsi lain sebagai sumber cadangan pendapatan mereka. Salah satu opsi yang bisa Anda lakukan adalah membuka usaha sampingan.

Selain sebagai penghasilan sampingan, banyak bisnis sampingan yang dimulai karena bisa menyalurkan bakat, hobi dan waktu luang. Meski hanya hal kecil, bisnis ini menawarkan peluang besar untuk menyukseskan kreatifitas.

Lantas bagaimana cara menjalankan bisnis sampingan sambil bekerja di kantor? Lihat selengkapnya di bawah ini!

 

Keuntungan Bisnis Sampingan

Selain menjadi sumber penghasilan tambahan, Anda bisa mendapatkan keuntungan lain dari usaha sampingan. Berikut 4 keuntungan bisnis sampingan.

1. Prospek ke Depan Lebih Luas

Dapat dikatakan bahwa bisnis sampingan merupakan aset berharga yang mempengaruhi kelangsungan hidup jangka panjang. Dalam bisnis sampingan, Anda tidak perlu khawatir soal penghasilan jika memutuskan untuk berhenti atau menjadi korban PHK.

2. Stabilitas Sistem Keuangan

Pekerja seringkali menghadapi kondisi ekonomi yang tidak stabil di masa depan. Karena sebagian besar dari mereka terlalu bergantung pada penghasilan karena statusnya sebagai karyawan. Tentunya, jika Anda memiliki usaha sampingan, kemungkinan ketidakstabilan keuangan bisa diminimalisir sedini mungkin.

3. Kesempatan Menjadi Pengusaha Hebat

Membangun bisnis juga berarti memperluas pemahaman Anda tentang bisnis dan keuangan. Anda juga akan belajar tentang cara dan strategi untuk menjadi pengusaha hebat. Dengan bantuan informasi ini, bisnis sampingan dapat berkembang menjadi perusahaan besar.

 

Tips Menjalankan Bisnis Sampingan

Memulai bisnis sampingan memang tidak mudah. Ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan agar tidak mengacaukan pekerjaan utama Anda. Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis sampingan di sela-sela pekerjaan kantoran, berikut beberapa tips menjalankan bisnis sampingan.

1. Pilih Produk dan layanan dengan potensi besar

Selanjutnya, pilih produk atau jasa apa yang akan ditawarkan melalui bisnis sampingan Anda. Temukan jenis produk atau jasa yang memiliki peluang pasar yang tinggi. Anda bisa memilih usaha sampingan yang menjual pulsa atau paket data dan pembayan PPOB, dengan menjadi reseller atau master dealer Aplikasi Yopay

2. Buat Perencanaan dengan Baik

Agar tidak mengganggu pekerjaan utama Anda di kantor, atur rutinitas harian sebaik mungkin. Jadwal ini akan membantu Anda menentukan waktu yang tepat untuk kesibukan sampingan Anda.

Meskipun melakukan pekerjaan sampingan di waktu luang adalah hal yang umum, pastikan Anda tidak mengabaikan waktu istirahat Anda. Setelah cukup istirahat, tubuh dan pikiran akan lebih segar sehingga Anda bisa lebih fokus pada kesibukan sampingan.

3. Manfaatkan Media Promosi

Selain itu, Anda dapat menggunakan media sosial sebagai sarana promosi. Gunakan media sosial seperti Instagram, TikTok, YouTube atau Facebook untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Buat konten kotak dengan foto, video, atau teks untuk menarik minat penggemar. Jangan lupa untuk selalu melihat tren yang ada untuk meningkatkan kreativitas konten Anda!

Bagikan

Berlangganan Sekarang

Update berita & promo terbaru YOPAY!

Yopay footer-min

Jadi Untung Sekarang Juga

#PastiDetikan

4.8

Play Store

4.8/5