You are here:
Peluang Usaha Rumahan Banyak Untung - Yopay

Peluang Usaha Rumahan Banyak Untung di Tahun 2023

Sebagian besar masyarakat rela pergi ke luar kota hanya untuk mendapat pekerjaan, namun banyak juga yang berharap mendapat pekerjaan yang tidak jauh tidak berada jauh dari rumah. Ada berbagai peluang usaha rumahan yang bisa Anda coba untuk mendapatkan penghasilan tambahan setiap hari. Anda tidak perlu takut untuk memulai bisnis karena Anda bisa mendapatkan keuntungan besar hanya dengan modal kecil. Berikut peluang usaha rumahan yang memiliki banyak keuntungan

1. Peluang Usaha Toko Kelontong

Selain di perkotaan, potensi peluang usaha rumahan seperti toko kelontong di pedesaan cukup besar.Toko kelontong terutama yang menjual produk sehari-hari seperti sembako dan juga pulsa.

Kunci sukses menjalankan bisnis rumahan ini adalah lokasi yang strategis, persediaan yang lengkap dan harga yang bersaing.

Untuk itu, Anda harus pintar mencari supplier dengan stok lengkap dan harga murah. Meskipun representasi keuntungan bisnis ini kecil, namun jika transaksi hariannya cukup besar, maka keuntungan yang Anda dapatkan juga cukup besar.

Beberapa tips agar pelanggan toko kelontong Anda tetap setia: Anda harus menjadi penjual yang ramah. Jangan lupa untuk memberikan hadiah kepada pelanggan sebagai ucapan terima kasih selama musim liburan. 

2. Penjualan Pupuk Dan Alat Pertanian

Sebagian besar pekerjaan masyarakat pedesaan adalah bertani. Banyaknya profesi tersebut di desa tentunya juga meningkatkan kebutuhan akan pupuk dan alat pertanian.

Anda bisa memanfaatkan kondisi ini sebagai peluang bisnis. Salah satunya membuka toko yang menjual berbagai kebutuhan pertanian. Misalnya aneka pupuk dan alat pertanian.

Berbagai peralatan pertanian dan pupuk bisa Anda dapatkan langsung dari supplier. Untuk menjalankan bisnis ini, Anda perlu mencari pemasok yang bisa menawarkan harga murah sehingga Anda bisa menjualnya kembali ke petani dengan harga bersaing.

3. Jasa Pembuatan Furniture

Kebanyakan peluang usaha rumah tangga di pedesaan selalu identik dengan sektor pertanian, seperti pertanian, perkebunan atau peternakan.

Padahal, masih banyak juga bidang usaha lain yang berpotensi untuk diwujudkan. Salah satunya adalah produksi mebel seperti lemari, kursi, tempat tidur, pintu, jendela dan kusen.

Keunggulan dari peluang usaha ini adalah tidak terlalu banyak pengusaha lapangan di desa tersebut, sehingga persaingan juga tidak terlalu sulit. Tidak perlu banyak staf untuk menjalankan bisnis ini. Kualifikasi yang dibutuhkan adalah keterampilan perencanaan, pemotongan dan pertukangan umum.

Selain itu, kreativitas mereka dalam menciptakan desain dan bentuk yang unik akan terus mendorong kesuksesan perusahaan di masa mendatang.

4. Budidaya Lele

Peluang usaha di desa selanjutnya adalah budidaya ikan, lebih tepatnya lele. Kenapa harus ikan lele? Ikan lele tergolong ikan dengan daya adaptasi yang baik, lebih tahan penyakit dan mudah perawatannya.

Jika Anda tertarik dengan peluang bisnis ini, Anda harus memiliki pengetahuan sebelumnya tentang budidaya ikan lele. Alternatifnya, Anda dapat bekerja dengan orang yang memahami hal ini. Pilih mitra yang Anda kenal dan dapat dipercaya.

Pertama-tama, Anda perlu menyediakan kolam khusus. Anda dapat membangun kolam ini dari papan dan terpal besar. Letakkan di dekat rumah agar mudah dipantau.

Ketika Anda memutuskan untuk memasuki bisnis ini, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu apakah Anda ingin memulai dari awal atau hanya fokus pada ekspansi?

5. Beternak Ayam Kampung

Selain rasanya yang enak, nilai jual ayam kampung juga lebih tinggi. Pilihan peluang usaha di desa selanjutnya adalah beternak ayam lokal. Kondisi lingkungan dan pekarangan yang cukup luas tentunya memudahkan beternak ayam kampung.

Jika pekarangan Anda cukup luas untuk mendukung usaha ini, Anda bisa mulai membangun beberapa kandang untuk ternak. Berbeda dengan ayam, beternak ayam lebih mudah karena biasanya mencari makan sendiri.

Ayam kampung juga kebal terhadap penyakit. Kelompok pembeli ayam jenis ini biasanya adalah kaum urban. Selain rasa, ayam kampung dinilai lebih sehat karena kandungan lemaknya jauh lebih rendah.

6. Budidaya Jamur Tiram

Jenis usaha rumahan di desa selanjutnya adalah budidaya jamur tiram. Jika Anda tertarik dengan bisnis ini, Anda harus memiliki ruangan yang tidak terkena sinar matahari untuk mendukung proses pertumbuhan jamur.

Setelah itu siapkan bibit jamur unggul dan nutrisi seperti serbuk gergaji, jeruk nipis dan bekatul. Baru setelah itu Anda bisa menyiapkan peralatan bantu seperti tong bekas dan plastik untuk membuat tas atau kayu. Anda dapat menggunakan kayu dan dahan yang jatuh dari pohon untuk memasak kayu gelondongan. Proses menanam jamur cukup sederhana dan murah. Selain itu, waktu panennya cukup cepat.

7. Budidaya Sayuran Organik

Tentunya jika Anda memiliki rumah di desa dengan lahan yang luas, Anda bisa memanfaatkannya sebagai peluang bisnis dengan menanam sayuran organik. Peluang bisnis rumahan di desa ini lebih diarahkan pada konsumen perkotaan.

Sekilas menanam sayuran organik tidak jauh berbeda, namun pupuk dan pestisida yang digunakan tidak mengandung bahan kimia. Jika Anda tidak memiliki keahlian bertani, Anda dapat bekerja dengan petani lokal. Beberapa sayuran organik yang sangat populer adalah bayam hijau, bayam merah, bawang merah, kangkung, brokoli, selada dan sayuran lainnya.

Setelah proses pemanenan, sayuran langsung dikirim ke pemasok atau konsumen di perkotaan. Di perkotaan, permintaan sayuran organik cukup tinggi. Penduduk kota memilih sayuran ini karena dianggap lebih sehat.

Diatas adalah peluang usaha rumahan di desa yang bisa Anda coba untuk menambah keuntungan. Untuk membuka usaha toko kelontong dengan berjualan pulsa dengan menggunakan Aplikasi Yopay. Di Aplikasi Yopay Anda juga bisa menyediakan layanan lain seperti PPOB dan layanan pembelian tiket perjalanan seperti tiket pesawat dan kereta.

Bagikan

Berlangganan Sekarang

Update berita & promo terbaru YOPAY!

Yopay footer-min

Jadi Untung Sekarang Juga

#PastiDetikan

4.8

Play Store

4.8/5