You are here:
Ciri-Peluang-usaha-menguntungkan-Yopay

Peluang Usaha yang Menguntungkan, Ini Cirinya !

Ada banyak kisah inspiratif para pengusaha sukses yang bisa Anda gunakan untuk memotivasi diri sendiri dalam berbisnis. Banyak hal yang bisa Anda pelajari dari cerita ini, terutama bagaimana para pengusaha bisa membangun bisnisnya agar terus berkembang.

Sayangnya, kebanyakan orang hanya fokus pada kisah sukses mereka tanpa memahami bagaimana proses itu berlangsung. Salah satu proses terpenting dalam memulai bisnis adalah menemukan peluang bisnis yang tepat. Tidak hanya penemuan, tetapi peluang bisnis juga harus memiliki potensi dan dapat ditindaklanjuti.

 

Pengertian Peluang Usaha

Jika dilihat dari penggunaan kata tersebut, peluang usaha terdiri dari dua kata yaitu kesempatan dan usaha. Peluang mengacu pada Peluang sedangkan Upaya mengacu pada upaya yang digunakan untuk mencapai suatu tujuan dengan menggunakan sumber daya yang ada.

Tujuan juga bermacam-macam mulai dari keuntungan, uang, kekayaan, kebahagiaan batin, popularitas, status sosial dan lain-lain.

Sederhananya, konsep peluang bisnis dapat diringkas sebagai peluang yang harus dimiliki seseorang untuk mencapai tujuan tertentu. Karena pembahasan kali ini tentang dunia usaha dan bisnis, maka tujuannya adalah profit.

 

Karakteristik Peluang Usaha

Berdasarkan pengertian di atas, peluang usaha adalah peluang bagi para pelaku bisnis untuk mengembangkan usahanya sebesar-besarnya.

Sayangnya, tidak semua peluang tersebut bisa dianggap sebagai peluang bisnis. Banyak pengusaha juga melakukan kesalahan dalam memilih peluang bisnis. Akibatnya, mereka secara alami gagal dalam efektivitas dan aplikasi.

Ada banyak alasan, tetapi terutama karena peluang bisnis tidak sesuai dengan bakat atau visi mereka. Oleh karena itu, tidak semua peluang dapat dianggap sebagai peluang bisnis. Untuk membantu Anda mengidentifikasi apa itu peluang bisnis atau bukan, berikut ciri-ciri peluang bisnis.

 

Ciri-ciri Peluang Usaha dengan Modal Kecil Tapi Banyak Untung

1. Peluang Usaha yang Nyata

Arti sebenarnya di sini adalah bahwa semua yang Anda rencanakan dan impikan dapat menjadi kenyataan. Tentu saja, jika Anda memiliki ide-ide hebat, itu akan sia-sia, tetapi hanya dalam mimpi Anda.

Mewujudkan berbagai impian atau menjalankan bisnis membutuhkan sikap yang serius dan teguh. Selain itu, konsistensi juga diperlukan agar bisnis Anda dapat berkembang di masa mendatang.

2. Memiliki Nilai Jual Kembali yang Tinggi

Usaha yang baik adalah usaha yang memiliki karakteristik nilai jual yang tinggi. Nilai jual ini bisa datang dari berbagai ide unik saat memulai bisnis. Harga jual berhubungan langsung dengan pasar. Tentunya sebuah produk dengan nilai sosial yang tinggi juga memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan produk sejenis lainnya. Keunikan ini merupakan aspek terpenting yang mempengaruhi nilai jual produk di pasaran. Jadi jika Anda ingin memulai bisnis dengan nilai jual yang tinggi, pastikan Anda memiliki keunikan tersendiri baik dari segi strategi pemasaran maupun keunggulan produk.

 

3. Tidak Ada Bisnis Musiman

Seringkali tren yang berkembang langsung terlihat di masyarakat, yang dapat diikuti dengan peningkatan bisnis di daerah ini.

Namun jika Anda ingin menjalankan bisnis, ada baiknya Anda berpikir dua kali dan tidak memilih bisnis yang hanya sibuk pada waktu-waktu tertentu dalam setahun. Jika Anda telah memutuskan untuk menjalankan bisnis ini, maka persaingan akan semakin ketat dan Anda tidak akan dapat menjalankan bisnis Anda dengan baik.

 

4. Usaha Layak dalam Jangka Panjang

Usaha yang Anda kendalikan harus bertahan lama di pasar. Umur panjang usaha dapat dipengaruhi oleh berbagai strategi Anda.

Jika bisnis Anda sudah tersebar luas dan bisa menghasilkan keuntungan yang melimpah, namun tidak bisa bertahan lama dan bisa mengalami kerugian, maka jelas bisnis ini bukanlah pertanda bisnis yang bagus. Oleh karena itu ciri-ciri usaha  yang baik adalah bisnis yang dapat bertahan lama. Selain itu, karakteristik peluang bisnis yang baik juga memiliki pangsa pasar tersendiri dan dapat bersaing di dalamnya.

 

5. Usaha yang Mudah Beradaptasi

Ciri dari peluang bisnis yang baik adalah usaha yang dapat beradaptasi dengan keadaan yang berbeda dari waktu ke waktu. Ketika usaha  memulai aktivitasnya setelah beberapa tahun, kondisinya sangat berbeda dengan saat usaha didirikan.

Jadi jika Anda mampu beradaptasi dengan kondisi dan situasi tersebut, Anda bisa lebih banyak berinovasi dan tidak mengurangi pendapatan Anda.

 

6. Tujuan Usaha yang Mudah Dicapai

Anda harus menganalisis dan menguji kelayakan bisnis Anda sebelum meluncurkannya. Hal ini menjadi sangat penting, karena bernilai di sini berarti produk Anda bisa menghasilkan keuntungan dan berkelanjutan. Kelayakan dapat dilihat dengan membandingkan tujuan dan hasil yang dicapai.

Jika bisnis Anda tidak dapat mencapai tujuan awal Anda, atau ada konflik antara tujuan dan hasil awal Anda, bisnis tersebut bukanlah bisnis yang baik.

 

7. Tidak Membutuhkan Banyak Modal

Modal usaha memang sangat diperlukan untuk memulai produksi atau memulai usaha. Namun, masalah muncul ketika Anda terus-menerus menginvestasikan modal dalam bisnis.

Yang harus terjadi adalah modal awal itu bisa untung, bukan rugi. Untuk menghindarinya, Anda perlu menganalisis kembali bisnis Anda apakah sudah benar atau belum. Jika perlu, Anda dapat mengubah ide atau metode kerja.

Pada dasarnya peluang bisnis yang baik ditandai dengan usaha yang mampu menghasilkan laba secara berkelanjutan dan tidak berhenti pada waktu tertentu. Oleh karena itu, sebelum memulai bisnis, pastikan peluang bisnis yang Anda pilih memiliki ciri-ciri di atas.

Bagikan

Berlangganan Sekarang

Update berita & promo terbaru YOPAY!

Yopay footer-min

Jadi Untung Sekarang Juga

#PastiDetikan

4.8

Play Store

4.8/5