You are here:
Manfaat-berwirausaha-Konter-Pulsa-Yopay.png

Manfaat Berwirausaha untuk Masyarakat

Menurut Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) kegiatan kewirausahaan masih relatif rendah di Indonesia. Padahal, kegiatan ini memiliki banyak manfaat dan dampak positif bagi masyarakat.

Oleh karena itu, pemerintah kini banyak menjalankan program pelatihan untuk meningkatkan minat dan kewirausahaan masyarakat.

Seberapa penting kewirausahaan bagi ekonomi dan masyarakat itu sendiri? Berikut beberapa manfaat kewirausahaan bagi masyarakat.

Manfaat Berwirausaha untuk Masyarakat

Mayoritas masyarakat Indonesia masih belum memiliki usaha. Padahal, banyak sekali keuntungan dan manfaat ketika kita menjadi pengusaha. Berikut manfaat kewirausahaan bagi kehidupan masyarakat yang perlu Anda ketahui.

1. Membantu Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat

Konsep kewirausahaan sendiri adalah penciptaan usaha atau peluang usaha mandiri. Kegiatan ini dapat menjadi pendorong bagi masyarakat untuk mandiri secara finansial.

Bukan berarti setiap orang harus menjadi pengusaha. Tentunya satu atau lebih pengusaha di daerah ini juga memiliki peluang kerja yang besar di masyarakat sekitar.

Semakin besar dan berkembangnya perusahaan, semakin banyak tenaga kerja yang dibutuhkan. Dengan cara ini sumber daya manusia semakin banyak digunakan. Mereka yang tadinya menganggur kini otomatis bisa menerima penghasilan.

Peternakan ini tidak hanya memberikan dampak finansial, tetapi juga dapat meningkatkan taraf hidup mereka. Inilah salah satu manfaat berwirausaha untuk masyarakat.

Misalnya, Anda mungkin pernah mendengar tentang seorang pengusaha yang berhasil mengubah barang bekas menjadi kerajinan dan benda unik. Karena banyaknya permintaan, akhirnya ia mengundang perempuan dan menerima mereka sebagai pekerja terampil. Dalam kebanyakan kasus, ibu-ibu di daerah tersebut hanya bekerja sebagai ibu rumah tangga, menyerahkan kebutuhan rumah tangga sepenuhnya kepada suami. Dengan pemberdayaan ini, mereka akhirnya bisa mendapatkan lebih banyak uang dan membantu memenuhi kebutuhan rumah tangga lainnya.

2. Peningkatan Pendapatan Nasional

Dalam berwirausaha, inovasi merupakan salah satu kunci keberhasilan. Bahkan, inovasi tersebut dapat membantu meningkatkan pendapatan nasional.

Misalnya, seorang pengusaha dari industri mebel berhasil menembus pasar luar negeri melalui produksi produk dalam negeri seperti meja dan kursi yang terbuat dari rotan atau kayu reklamasi. Produk-produk tersebut dianggap unik dan memiliki nilai seni yang tinggi.

Semakin tinggi jumlah permintaan produk, semakin tinggi volume produksi. Ini dicatat dalam pendapatan nasional. Nilai yang dicatat dalam pendapatan nasional adalah nilai keluaran akhir dari barang-barang yang diproduksi dalam satu tahun terakhir.

Semakin banyak produk yang diproduksi di suatu negara, maka semakin tinggi pendapatan nasional negara tersebut. Semua kegiatan ini diukur selama satu tahun terakhir.

Lalu apa manfaat berwirausaha untuk masyarakat dari peningkatan pendapatan nasional? Semakin tinggi pendapatan nasional negara, semakin banyak pengusaha dan perusahaan asing yang ingin berinvestasi di sini. Kondisi ini tentu akan membuka peluang terciptanya banyak lapangan kerja baru di masyarakat luas.

3. Wirausaha Membentuk Lapangan Pekerjaan Baru 

Lapangan pekerjaan yg terbatas tentu menciptakan persaingan kerja jua sebagai semakin ketat. Dengan bertambahnya aktivitas kewirausahaan, maka peluang terciptanya lapangan pekerjaan jua akan semakin besar.

Sayangnya, yg diharapkan waktu ini bukan sekadar aktivitas wirausaha saja. Tetapi bagaimana para wirausahawan sanggup menciptakan penemuan yg jauh lebih besar. Sebagai contoh, dahulu pengemudi ojek mungkin hanya sanggup menerima 3 hingga 5 penumpang saja pada satu harinya.

Berbeda menggunakan waktu ini, menggunakan perkembangan teknologi & informasi, mereka sanggup menerima puluhan order bahkan lebih. Tidak hanya penumpang, ojek online jua sekarang merambah dalam layanan pengantaran barang & makanan. Konteks inilah yg diklaim menggunakan lapangan pekerjaan baru.

4. Mengurangi Kesenjangan Ekonomi & Sosial

Bagi negara berkembang, kesenjangan ekonomi & sosial masih sebagai kasus yg wajib diselesaikan. Meski nir separah pada negara berkembang lainnya, bukan berarti kesenjangan yg terjadi pada Indonesia sanggup dibiarkan begitu saja.

Perbedaan yg ada menurut kesenjangan tadi, ditambah karakter rakyat Indonesia yg plural, maka hal itu sanggup menyebabkan perselisihan & kerusuhan antar golongan.

Memang, nir seluruh kesenjangan yg terjadi diakibatkan lantaran faktor ekonomi. Tetapi, kebanyakan hal itu memang didasari lantaran kasus tadi.

Kemudian, impak tadi sanggup menyebar ke hal yg lebih luas, misalnya kasus sosial. Lalu, bagaimana sanggup wirausaha sanggup mengurangi kasus kesenjangan ekonomi & sosial?

5. Mampu Mempromosikan Infrastruktur di Lingkungan Masyarakat

Secara tidak langsung, manfaat kewirausahaan juga dapat meningkatkan dan memajukan infrastruktur di suatu daerah. Misalnya Pasar Klewer di Solo misalnya. Pasar ini merupakan salah satu pusat grosir pakaian terbesar di Jawa Tengah. Di sini banyak pengusaha menawarkan produk dan kebutuhan yang berbeda. Selain melayani kebutuhan warga Solo, banyak barang di pasar ini juga didistribusikan ke kota-kota besar lainnya termasuk pulau Madura dan Bali. Semakin berkembang dan terkenal pasarnya, semakin banyak pembelinya.

Kegiatan wirausaha bisa Anda coba mulai dari hal sederhana yang kamu anggap mudah terlebih dahulu, salah satunya dengan kebutuhan sehari-hari. Anda bisa menyediakan layanan pembelian pulsa dan paket data serta pembayaran tagihan rumah tangga lain seperti PDAM dan PLN dengan menggunakan Aplikasi Yopay.

Bagikan

Berlangganan Sekarang

Update berita & promo terbaru YOPAY!

Yopay footer-min

Jadi Untung Sekarang Juga

#PastiDetikan

4.8

Play Store

4.8/5