You are here:

Keuntungan dan Kerugian Pembayaran Tunai dan Non Tunai

 

Semakin berkembangnya teknologi juga berpengaruh bagi kehidupan manusia mulai dari memilih cara belanja, trasnportasi dan juga pembayaran. Kini pembayaran non tunai atau pembayaran secara online lebih banyak dipilih karena lebih bisa memudahkan proses transaksi, namun tidak banyak dari mereka masih melakukan pembayaran secara tunai

Berikut keuntungan dan Kerugian pembayaran Tunai dan Non Tunai

 

A. Keuntungan dan Kerugian dari pembayaran tunai

Pembayaran tunai masih diminati dan digunakan sebagai salah satu sistem pembayaran pilihan, terutama untuk pembelian dan penjualan langsung.

Keuntungan menggunakan pembayaran tunai

Di bawah ini adalah beberapa manfaat dari alat perdagangan tunai.

1. Lebih mudah digunakan

Saat ini, belum semua daerah di Indonesia memiliki infrastruktur yang memadai untuk pembayaran nontunai, terutama di daerah terpencil yang belum tersedia internet. Untuk itu, opsi pembayaran tunai dinilai lebih mudah. Ini memungkinkan orang untuk melakukan pembayaran tunai dengan cepat dan mudah saat melakukan transaksi beli atau jual. Bisa berupa bank, jaringan internet, aplikasi, dan lain sebagainya.

2. Risiko utang minimal

Alat transaksi tunai mencegah Anda mengerem pembelian Anda karena Anda memiliki uang terbatas untuk dibawa-bawa, seperti berbelanja di supermarket atau mal. Anda tidak akan berpikir bahwa gerai dan toko akan berhutang apa pun kepada Anda, bukan? Dengan alat transaksi tanpa uang tunai di mana semuanya hanya dengan menggesek, Anda dapat melakukan sesuatu yang lain. Dalam kebanyakan kasus, Anda menjadi lebih boros dan lebih sulit untuk berurusan dengan utang.

 

Kekurangan Pembayaran Tunai

Di bawah ini adalah kelemahan dari alat perdagangan tunai.

1. Mudah hilang

Saat menyimpan dan menggunakan uang tunai, terutama dalam jumlah besar, ada risiko mudah hilang selama penyimpanan atau perjalanan. Anda mungkin salah menaruhnya atau terjatuh saat mencoba mengeluarkan sebagian dari dompet Anda. Harap membawa uang tunai yang cukup. Hal ini dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan belanja hari itu.

2. Risiko kejahatan

Membawa uang tunai dalam jumlah besar tidak hanya menempatkan Anda pada risiko kerugian, tetapi juga risiko tindakan kriminal seperti pencurian, perampokan, dan perampokan. Jadi selalu berhati-hati, terutama saat membawa uang tunai dalam jumlah besar.

3. Praktis dan tidak ribet

Jika denominasi yang Anda butuhkan kecil, lebih mudah menggunakan uang tunai. Tapi bagaimana jika uang yang dibutuhkan sangat banyak?

Tentu saja, dibutuhkan banyak usaha untuk memakainya dan menghitung ulang. Belum lagi jika ternyata salah perhitungan yang berujung merugikan salah satu pihak.

Hal ini juga menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang lebih memilih alat trading tanpa uang tunai, terutama jika menyangkut transaksi besar atau besar.

 

B. Keuntungan dan Kerugian Pembayaran Non Tunai

Keuntungan pembayaran Non Tunai

Metode pembayaran cashless sering dipilih karena menawarkan beberapa keunggulan, antara lain:

1. Lebih aman dan lebih transparan

Menggunakan metode pembayaran non tunai untuk transaksi dinilai lebih aman dan transparan. Karena semua dana yang disetorkan tercatat secara detail di sistem layanan pembayaran.

Ini akan memungkinkan Anda untuk memeriksa ulang jika ada masalah. Misalnya, jika pembayaran belum diterima, layanan pembayaran akan meminta bukti tranfer. Layanan Pembayaran non tunai aman melalui Aplikasi Yopay.

2. Transaksi lebih cepat

Berapapun nilai transaksinya, dengan menggunakan metode pembayaran cashless membuat transaksi menjadi lebih mudah dan cepat hanya bebrapa detik melalui Aplikasi Yopay 

Anda tidak perlu lagi menghitung jumlah secara manual. Hal ini karena dengan pembayaran non tunai, yang harus Anda lakukan adalah menuliskan jumlah yang Anda butuhkan hingga angka terkecil.

3. lebih aman

Metode pembayaran cashless dianggap lebih aman karena tidak mengharuskan Anda membawa uang tunai dalam jumlah besar saat bertransaksi. Namun, risiko kejahatan digital tetap ada jika kita tidak berhati-hati. Transksi non tunai aman menggunakan Aplikasi Yopay.

 

Kekurangan pembayaran non-tunai

Selain beberapa kelebihan yang disebutkan di atas, tentunya metode pembayaran cashless atau non tunai memiliki beberapa kekurangan yang harus diperhatikan.

1. Tidak di mana-mana

Kembali ke Indonesia, tidak semua tempat dan daerah memiliki standar infrastruktur dan fasilitas yang sama. Ada daerah-daerah terpencil di Indonesia yang belum bisa menggunakan pembayaran nontunai karena sulitnya akses teknologi. Itu sebabnya mereka lebih memilih pembayaran tunai, yang dianggap lebih mudah.

2. Peningkatan risiko pinjaman

Sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak orang yang meminjam uang dengan alat pembayaran selain tunai, seperti kartu kredit dan uang elektronik. Mulai sekarang, Anda harus waspada dan berhati-hati.

Download Aplikasi Yopay melalui link berikut ini !! Download Yopay

Bagikan

Berlangganan Sekarang

Update berita & promo terbaru YOPAY!

Yopay footer-min

Jadi Untung Sekarang Juga

#PastiDetikan

4.4

Play Store

4.4/5