You are here:
Faktor-Keberhasilan-Usaha-Konter-Pulsa-Yopay.png

Faktor Penentu Keberhasilan Usaha Konter Pulsa

Ketika Anda memutuskan untuk memulai bisnis, kesuksesan adalah tujuan terpenting. Yang perlu Anda pahami adalah banyak faktor yang menentukan keberhasilan usaha konter pulsa. Faktor ini dapat menentukan atau mempertahankan keberhasilan atau kegagalan bisnis Anda.

Setiap bisnis atau usaha tentunya memiliki tantangan yang berbeda-beda. Sama halnya dengan faktor-faktor yang dapat menentukan keberhasilan usaha konter pulsa. Namun, ada beberapa hal umum yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kelancaran operasi bisnis Anda saat ini, terutama bagi pengusaha baru.

Faktor Keberhasilan Usaha Konter Pulsa

Menjalankan bisnis bukan hanya tentang pendanaan modal, tetapi juga tentang pola pikir dan sikap. Oleh karena itu, jika ingin menjalankan bisnis sendiri, Anda perlu memahami sepuluh faktor yang menentukan kesuksesan bisnis.

1. Cari Tahu Tentang Dunia Usaha

Jika Anda akan menjadi seorang pengusaha, besar atau kecil, Anda memerlukan pengetahuan dasar yang baik tentang dunia kewirausahaan.

Ketika Anda memulai bisnis atau memulai bisnis Anda sendiri, Anda dihadapkan pada angka-angka yang terkait dengan keuntungan perusahaan setiap hari. Artinya, Anda harus memiliki pengetahuan dasar tentang dunia bisnis, contohnya tentang pengelolaan pendapatan, biaya dan strategi pemasaran.

Jika Anda tidak ingin menjadi perusahaan, tetapi tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang dunia bisnis, Anda dapat mengajak teman yang lebih pengertian untuk bekerja sama.

2. Rencanakan dengan Hati-hati

Meski terlihat sepele, bisnis itu tidak mudah. Anda perlu melakukan perencanaan yang matang karena ini adalah faktor Keberhasilan usaha konter pulsa Anda. Pikirkan baik-baik tentang bisnis yang ingin Anda jalankan, misalnya membuka konter pulsa, toko kelontong atau toko elektronik.

Saat Anda membuat business plan, Anda bisa menggunakan rumus 5 W (what, why, who, when, where) dan 1 H (how). Apa yang dijual, mengapa produk dijual, siapa target pasarnya, dijual dimana (online atau offline) dan bagaimana cara memasarkannya?

Rencana bisnis yang baik dapat membantu Anda lebih memahami tujuan awal dan niat memulai bisnis Anda sendiri atau dengan teman dan keluarga.

3. Berani Bertindak dan Mengambil Resiko

Membangun bisnis bukanlah tanpa resiko, terutama ketika Anda memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan dan fokus pada usaha baru. Oleh karena itu poin ini menjadi faktor keberhasilan bisnis karena seseorang harus bersiap menghadapi peluang buruk dalam bisnis. Misalnya, jika Anda berencana membuka usaha konter pulsa da banyak skenario terburuk dalam menjalankan bisnis, mulai dari penjualan produk yang buruk hingga pesaing yang lebih maju. Dari waktu ke waktu cara berpikir diuji, sehingga Anda harus mengambil risiko dan bertindak agar usaha Anda berhasil.

4. Manfaatkan Peluang dengan Baik

Dengan setiap langkah yang Anda ambil, pasti ada tantangan yang kadang membuat batin Anda menciut. Padahal, jika Anda melihat ke arah lain, Anda bisa menemukan peluang di rintangan di depan Anda.

Saat Anda memanfaatkan peluang, pastikan Anda cocok dengan bisnis yang Anda jalankan. Misalnya penjualan sedang turun, lalu teman menyarankan untuk beriklan melalui media sosial. Anda dapat menggunakan ini sebagai peluang meskipun teman Anda bukan influencer terkenal dengan banyak pengikut.

5. Mengetahui Cara Promosi yang Tepat

Pembiayaan yang tepat juga menentukan keberhasilan perusahaan.

Jika Anda menjalankan bisnis, Anda memerlukan iklan yang tepat untuk target pasar Anda. Jadi ini adalah faktor keberhasilan bisnis Anda.

Periklanan merupakan saluran penting dalam memasarkan produk perusahaan yang Anda pasarkan. Jika ingin menjangkau pasar yang lebih luas, Anda bisa menggunakan koneksi. Berikan sampel produk gratis kepada beberapa teman dan kemudian meminta mereka untuk mengunggahnya di media sosial. Jika Anda memulai bisnis jasa dan tidak dapat memberikannya secara gratis, buat akun media sosial dan unggah produk dan layanan yang Anda pasarkan. Meski terkesan sederhana, cara ini sangat efektif untuk meningkatkan brand awareness terhadap produk yang Anda pasarkan.

6. Membangun relasi yang luas

Jika Anda memiliki sifat tertutup, sebaiknya singkirkan mereka setelah Anda membangun bisnis. Bagaimanapun, membangun hubungan yang luas adalah faktor kesuksesan bisnis.

Seiring perkembangan bisnis, Anda perlu mengembangkan hubungan dan jaringan yang luas agar usaha Anda dapat berkembang dan dikenal masyarakat luas. Semakin banyak orang tahu tentang produk dan perusahaan Anda, semakin banyak investor yang dapat Anda tarik untuk pengembangan bisnis. Jaringan dan hubungan yang luas ini akan mendukung Anda bahkan di saat-saat sulit, seperti saat ada hambatan dalam pengembangan bisnis.

7. Memiliki Banyak Kreativitas

Tidak dapat dipungkiri bahwa persaingan dalam dunia bisnis cukup ketat karena Anda berhadapan dengan orang-orang yang memiliki bisnis sejenis.

Dalam situasi ini, Anda harus mencari ide kreatif agar tidak kalah bersaing. Misalnya, katakanlah Anda memiliki konter pulsa. Anda dapat membuat promo paket hemat untuk menarik minat pelanggan Anda. Pilih produk yang paling diminati target pasar Anda agar lebih pas dan tidak menyimpang dari tujuan bisnis.

Nah, diatas adalah faktor-faktor penentu keberhasilan usaha Anda. Namun tidak lupa Anda untuk mempertimbangkan produk atau layanan yang Anda pilih untuk memulai usaha konter pulsa atau toko kelontong Anda. Anda dapat memulai dengan memilih distributor terpercaya seperti Aplikasi Yopay

Anda dapat mendownload Aplikasi Yopay DISINI

Bagikan

Berlangganan Sekarang

Update berita & promo terbaru YOPAY!

Yopay footer-min

Jadi Untung Sekarang Juga

#PastiDetikan

4.8

Play Store

4.8/5