You are here:
Cara-Pasang-PDAM

Cara Pasang PDAM Baru Beserta Syaratnya

Air bersih merupakan salah satu hal yang dibutuhkan setiap orang untuk hidup setiap hari. Banyak rumah tangga yang membutuhkan air bersih. Untuk menggunakan air bersih, masyarakat dapat menggunakan jasa Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang bertugas mendistribusikan air bersih ke berbagai wilayah.

Masyarakat yang ingin menggunakan layanan PDAM dapat menyesuaikan jenis langganan sesuai dengan tipe rumah. Sebelum menggunakan PDAM untuk air bersih rumah tangga, pastikan untuk memeriksa peraturan yang ditetapkan untuk PDAM karena peraturan berbeda di setiap daerah. Nah, jika Anda tertarik untuk memasang PDAM di rumah Anda, silahkan baca cara pasang PDAM dan syaratnya berikut ini!

 

1. Mengisi Formulir aplikasi PDAM

Langkah awal pengurusan instalasi PDAM adalah mengisi formulir permohonan dan menyerahkan beberapa dokumen. Dokumen yang diperlukan adalah sebagai berikut:

  • Fotokopi KTP atau piagam pendirian perusahaan
  • Fotokopi AJB (Kontrak Jual Beli)
  • Fotokopi PBB tahun lalu atau sertifikat desa setempat
  • Termasuk bea materai 6.000 rubel
  • Kirimkan surat kuasa jika Anda mewakili agensi atau perusahaan

 

2. Cara Pasang PDAM dengan Tanda Tangan SPL

Anda kemudian harus menandatangani Surat Perintah Pembelian (SPL) yang menjadi dasar kontrak antara calon pelanggan air minum dengan PDAM. Isi SPL adalah penjelasan rinci tentang tugas, hak dan tanggung jawab pelanggan dan PDAM.

 

3. Biaya Pemasangan Pdam Baru

Ada biaya pendaftaran sebesar Rp 50.000 untuk menggunakan layanan PDAM. Jika sewaktu-waktu Anda memutuskan untuk membatalkan pendaftaran, biaya pendaftaran tidak akan dikembalikan.

 

4. Menunggu Survei Lokasi Oleh PDAM

Selain itu, PDAM melakukan survei ke lokasi pemasangan PDAM. Survey ini dilakukan agar PDAM dapat memastikan bahwa bangunan yang akan dipasangi pipa PDAM berada dalam jangkauan perusahaan dan sumber air. Selain itu survey ini juga digunakan untuk menentukan desain, jenis pipa yang akan digunakan dan biayanya.

 

5. Pembayaran Biaya Instalasi PDAM

Karena biaya pemasangan pipa berbeda-beda di setiap wilayah, PDAM menghitung biaya sesuai dengan biaya di bawah ini:

  • biaya peralatan
  • Biaya perawatan jaringan
  • biaya air
  • biaya administrasi
  • biaya desain
  • Biaya penyambungan (penggalian dan perbaikan properti, biaya pemasangan dan biaya transportasi).

 

6. Cara Pasang PDAM Baru

Setelah semua langkah di atas selesai, PDAM akan memasang sambungan pipa PDAM. Pemasangan ini biasanya dilakukan paling lambat 6 hari kerja setelah penyerahan bukti pembayaran.

 

Baca Juga : Cara Bayar Tagihan PDAM

Bagikan

Berlangganan Sekarang

Update berita & promo terbaru YOPAY!

Yopay footer-min

Jadi Untung Sekarang Juga

#PastiDetikan

4.8

Play Store

4.8/5