You are here:
poster menghemat air yang mudah

5 Cara Menghemat Air PDAM Mudah

Cara menghemat air PDAM perlu Anda ketahui bagi Anda pengguna PDAM, dimana Krisis air adalah tantangan global pertama untuk dekade berikutnya.

Kurang dari satu persen air di bumi dapat diminum untuk makhluk hidup. Jumlah sumber daya alam yang terbatas ini berada di bawah tekanan yang meningkat dari pertumbuhan populasi dan industri dunia.

Kelangkaan air adalah salah satu bencana lingkungan utama, diperkirakan akan menjadi lebih sering dan lebih buruk karena iklim terus menghangat dalam beberapa dekade mendatang. Dengan mengingat hal itu, ada beberapa langkah sederhana yang bisa kita lakukan untuk menggunakan air dengan lebih bijak. Berikut 5 cara mudah menghemat air di rumah:

 

1. Gunakan Pancuran dan Keran Hemat Air

Cara pertama yang bisa Anda gunakan untuk menghemat air adalah  merubah cara penggunaa air Anda  dari menggunakan ember atau bak mandi, kini hanya perlu menggunakan pancuran atau keran hemat air. Bayangkan selama ini Anda mandi menggunakan ember atau bak mandi, hal tersebut bisa membuat Anda menggunakan hingga 15 liter air setiap harinya. Dengan menggunakan cara ini, maka Anda akan menghemat Lebih dari 60 persen air saat mandi.

 

2. Siram Tanaman di Pagi Hari

Menyiram tanaman di siang hari memungkinkan air menguap sebelum diserap. Maka lebih baik jika Anda melakukan penyiraman air pada pagi hari atau menanam pada musim hujang karena tanaman membutuhkan lebih banyak air pada awal perkembangannya.

 

3. Matikan Ketika Tidak Dibutuhkan

Batasi penggunaan air berlebih. Matikan keran ketika mandi jika tidak digunakan seperti saat menggosok gigi. Hal ini membutuhkan waktu yang lama sehingga membuat air keran mengalir terus-menerus. Maka sebaiknya Anda mematikan keran sementara saat tidak digunakan, hal tersebut bisa menghemat 11 liter air per hari.

 

4. Cara Menghemat Air Pada Mesin Cuci

Cara menghemat pemakaian air selanjutnya adalah dengan menimalisir penggunaan air untuk mencuci pakaian. Lakukan pencuciian pakaian saat jumlah baju yang ingin dicuci sesuai dengan kapasitas mesin cuci milik Anda. Anda dapat menggunakan mesin cuci yang hemat air, sehingga Anda lebih bisa banyak menghemat air di rumah Anda.

 

5. Cara Menghemat Air Pada Toilet

Minimalkan penggunaan flushing pada kloset duduk. Anda tidak perlu menggunakan terlalu banyak. Saat bau dan kotoran sudah hilang, toilet tidak perlu disiram lagi. Gunakan toilet dengan banyak alat penyiram yang banyak tersedia di pasaran saat ini.

 

Demikian cara yang bisa Anda lakukan untk menghemat Air PDAM Anda, jangan lupa untuk selalu melakukan cek tagihan PDAM agar bisa selalu menggunakan layanan PDAM.

Baca Juga : Cara Cek Tagihan PDAM

Bagikan

Berlangganan Sekarang

Update berita & promo terbaru YOPAY!

Lainnya
Cara Membeli Token PLN 99 Ribu di Menu Promo Yopay. Foto: Yopay
Penggunaan Kuota Shopping AXIS beserta…
chat lock wa. Foto: Yopay
Langkah Mudah Bayar PBB Kota…
Cara Menggunakan Microsoft Temas Untuk Bekerja. Foto: Yopay
Apa Itu Paket Unlimited Nonstop…
Cara Menggunakan Microsoft Temas Untuk Bekerja. Foto: Yopay
Cara Beli PLN Token End…
Cara Menggunakan Microsoft Temas Untuk Bekerja. Foto: Yopay
Cara Bayar Pajak Bumi Bangunan…
Yopay footer-min

Jadi Untung Sekarang Juga

#PastiDetikan

4.8

Play Store

4.8/5

Download Yopay

Ikuti Kami

+62815-5666-3933

cs@yopay.co.id

© 2022 YOPAY. All rights reserved.