You are here:

Apa Itu Check Restriction Telkomsel? Ini Penjelasannya

Di era konektivitas ini, berbagai provider seluler semakin bertambah berinovasi memberi pelayanan terbaik untuk para penggunanya, termasuk juga Telkomsel. Salah satu penyedia layanan terkemuka di Indonesia tersebut menyediakan kebutuhan komunikasi dan internet ke berbagai penjuru daerah. 

Namun, kendala teknis terkadang menyertai kinerja provider tersebut. Masalah yang bisa terjadi kepada pengguna Telkomsel adalah munculnya pesan “Check Restriction Telkomsel” yang berarti pembatasan.

Lantas apa saja pembatasan yang dimaksud?simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: Apa Itu Check Restriction Telkomsel? Ini Penjelasannya

Ilustrasi Restriction. Foto: iStock

Penyebab OVO Tidak Bisa Login

Ada beberapa penyebab kenapa OVO tidak bisa login. Berikut beberapa penyebab yang paling umum dialami. 

  • Salah memasukkan PIN akun OVO. 
  • Aplikasi pernah di-root.
  • Kendala jaringan internet yang tidak stabil. 
  • Aplikasi OVO belum di-update ke versi terbaru. 
  • Perangkat mengalami error. 
  • Server mengalami gangguan atau sedang proses maintenance.  
  • Akun OVO diblokir. 

Cara Mengatasi Tidak Bisa Login OVO

Jika Anda mengalami kendala OVO tidak bisa login tersebut, Anda bisa mencoba mengatasinya dengan beberapa cara berikut.

1. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Hal pertama yang bisa Anda lakukan ketika tidak bisa login ke akun OVO adalah mengecek koneksi internet Anda. Pastikan koneksi internet dalam keadaan stabil dan lancar. Lalu, cobalah untuk melakukan login ke aplikasi OVO lagi. 

2. Pastikan PIN atau OTP yang Dimasukkan Sudah Sesuai

Saat login ke akun OVO, Anda harus memasukkan PIN atau kode OTP. Pastikan Anda memasukkan PIN dengan benar. Sebab, salah memasukkan PIN tentunya dapat membuat Anda gagal login ke akun OVO. 

Jika PIN yang Anda masukkan salah sampai 3 kali, maka sebaiknya Anda memilih opsi Lupa PIN untuk mereset PIN OVO. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan. 

  • Buka aplikasi OVO di HP Anda. 
  • Klik tombol Lupa Security Code. 
  • Masukkan 4 digit kode verifikasi yang dikirim lewat email. 
  • Masukkan PIN OVO Anda yang baru. 
  • Konfirmasi dengan memasukkan kembali PIN yang baru tersebut. 
  • PIN OVO Anda pun berhasil diubah. 
  • Silakan buka kembali aplikasi OVO Anda.

3. Install Ulang Aplikasi OVO

Aplikasi OVO yang error karena perangkat yang dimodifikasi atau lebih dikenal dengan istilah root/ jailbreak juga bisa membuat sistem menolak login. Hal ini dilakukan sistem OVO untuk menghindari indikasi penyalahgunaan/ peretasan akun. 

Pengguna bisa mengatasi aplikasi error ini dengan cara menginstal ulang aplikasi OVO. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Klik lama pada aplikasi OVO yang ada di layar beranda ponsel Anda. 
  • Pilih uninstall aplikasi. 
  • Kemudian, klik Konfirmasi. 
  • Tunggu sampai proses pencopotan aplikasi selesai. 
  • Setelah itu, buka Playstore/ Appstore di ponsel Anda. 
  • Cari aplikasi OVO. 
  • Lalu, unduh dan pasang kembali aplikasi OVO di ponsel Anda. 
  • Setelah berhasil terpasang, silahkan buka aplikasi OVO Anda. 
  • Kemudian, cobalah untuk melakukan login kembali. 

4. Update Aplikasi OVO ke Versi Terbaru

Aplikasi OVO yang belum di-update ke versi terbaru juga menyebabkan pengguna gagal login karena terdapat bug. Oleh karena itu, Anda perlu meng-update aplikasi OVO ke versi terbaru lewat Playstore atau Appstore.

5. Hapus Cache Perangkat

Setiap aktivitas yang Anda lakukan pada aplikasi OVO akan tercatat dalam cache aplikasi. Cache yang menumpuk pada aplikasi pun akan membuat aplikasi berjalan lambat. Oleh karena itu, Anda bisa mengatasinya dengan cara menghapus cache aplikasi OVO Anda dan mencoba login kembali. 

6. Cek Status Server OVO

Jika penyebab tidak bisa login karena gangguan pada server atau server sedang maintenance, maka tidak ada cara lain selain menunggu sampai server kembali normal. Sebab biasanya, gangguan server ini hanya terjadi sementara sampai maintenance server selesai dilakukan. 

7. Login OVO di Ponsel Lain

Jika Anda tidak bisa login  kemungkinan karena perangkat yang Anda gunakan rusak, cobalah untuk login dengan menggunakan ponsel lain. Anda bisa menginstall OVO di aplikasi lain, kemudian melakukan login ke akun Anda dengan menggunakan PIN dan kode OTP yang dikirim ke nomor Anda yang terdaftar di akun OVO. 

Itulah beberapa penyebab kenapa OVO tidak bisa login dan beberapa cara mengatasinya yang bisa Anda coba lakukan. Semoga bermanfaat!

Bagikan

Berlangganan Sekarang

Update berita & promo terbaru YOPAY!

Lainnya
Cara Membeli Token PLN 99 Ribu di Menu Promo Yopay. Foto: Yopay
Penggunaan Kuota Shopping AXIS beserta…
chat lock wa. Foto: Yopay
Langkah Mudah Bayar PBB Kota…
Cara Menggunakan Microsoft Temas Untuk Bekerja. Foto: Yopay
Apa Itu Paket Unlimited Nonstop…
Cara Menggunakan Microsoft Temas Untuk Bekerja. Foto: Yopay
Cara Beli PLN Token End…
Cara Menggunakan Microsoft Temas Untuk Bekerja. Foto: Yopay
Cara Bayar Pajak Bumi Bangunan…
Yopay footer-min

Jadi Untung Sekarang Juga

#PastiDetikan

4.8

Play Store

4.8/5

Download Yopay

Ikuti Kami

+62815-5666-3933

cs@yopay.co.id

© 2022 YOPAY. All rights reserved.