Laporan merupakan salah satu tugas setiap karyawan yang memiliki peran penting dalam bisnis. Dengan adanya laporan, setiap tim dan pimpinan perusahaan mengetahui progres atau perkembangan proyek yang sedang dilakukan. setiap perusahaan memiliki aplikasi kantor yang sering dipakai. Umumnya aplikasi kantor memiliki fasilitas untuk membuat, menganalisis, dan melakukan distribusi laporan mengenai proyek yang dikerjakan.
Tentunya karyawan perlu aplikasi pembuat laporan yang lebih efisien, karena hal ini dapat digunakan untuk pembuatan laporan, setiap pekerja dapat menjelaskan data-data yang dikerjakan dengan baik dan jelas. Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan karyawan untuk membuat laporan dengan lebih efisien. Berikut adalah lima aplikasi yang sering digunakan dan bermanfaat untuk pembuatan laporan:
Baca Juga: 5 Aplikasi Pengganti Twitter yang Patut Kamu Coba
5 Aplikasi Pembuatan Laporan yang Perlu Diketahui Karyawan
Simak dibawah ini 5 daftar aplikasi pembuat laporan yang perlu karyawan ketahui.
Microsoft excel
Microsoft Excel adalah spreadsheet yang sangat populer dan memiliki berbagai fungsi untuk analisis data dan pembuatan laporan. Karyawan dapat membuat laporan keuangan, grafik, dan tabel dengan mudah menggunakan Excel.
Google Workspace
Google Workspace adalah aplikasi kantor yang dipakai untuk mengatur dokumen, email, presentasi, dengan berbagai alat produktivitas yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini menawarkan email khusus untuk bisnis. Juga dapat dipakai dengan berbagai perangkat, aplikasi ini memungkinkan karyawan untuk berkolaborasi secara real time dan setiap perubahan dapat disimpan secara otomatis.
Microsoft Office 365
Office 365 dirancang untuk memberikan akses lebih fleksibel dan mudah diakses ke berbagai aplikasi produktivitas, serta menyediakan layanan cloud yang terkait. Microsoft Office 365 memiliki berbagai koleksi aplikasi kantor seperti Word, Power Point, Email Outlook, Excel, Skype, teams, Yammer, dan masih banyak lagi.
Tableau
Tableau adalah alat visualisasi data yang kuat. Cocok untuk membuat laporan visual dan dashboard interaktif. Karyawan dapat menggabungkan data dari berbagai sumber dan membuat visualisasi yang mudah dipahami untuk membantu dalam pengambilan keputusan.
Power BI
Power BI, dikembangkan oleh Microsoft, adalah alat analisis bisnis yang memungkinkan pengguna untuk menggabungkan data dari berbagai sumber dan membuat laporan bisnis interaktif. Ini sangat berguna untuk analisis data yang mendalam dan pembuatan laporan yang canggih.
Setiap aplikasi memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing, tergantung pada jenis laporan yang perlu dibuat dan preferensi pribadi.Penting untuk memahami kebutuhan laporan dan memilih aplikasi yang paling sesuai untuk pekerjaan spesifik.