You are here:
Tips Sukses Membuka Usaha Toko Kelontong - Yopay

Tips Sukses Membuka Usaha Toko Kelontong

Di tengah situasi ekonomi yang tidak menentu seperti saat ini, banyak orang yang mencari penghasilan tambahan. Tentu saja, selain untuk menambah penghasilan, langkah ini diambil sebagai antisipasi jika nantinya ia dipecat dari jabatannya. Tak heran jika saat ini banyak orang yang mulai berjualan makanan dan minuman atau sekedar menjadi pedagang kaki lima di pasar.

Sementara semua orang menjual di platform online, masih ada penawaran offline yang menarik karena keuntungannya sangat menjanjikan. Tujuan perusahaan adalah membuka toko kelontong. Ingatlah bahwa masih ada orang yang lebih suka berbelanja online karena berbagai alasan.

Jadi, jika Anda tertarik untuk memulai toko kelontong yang kecil namun menguntungkan, beriku tips sukses membuka usaha toko kelontong.

Tips Sukses Membuka Usaha Toko Kelontong

Membuka toko kelontong sebenarnya tidak membutuhkan banyak modal. Dengan perhitungan yang tepat, Anda bisa memulainya dengan modal kecil. Pertimbangkan tips berikut untuk membantu toko kelontong Anda menghasilkan uang.

1. Riset Kebutuhan Pasar

Pertama, kebutuhan pasar harus diperiksa. Alih-alih hanya bergosip tentang tetangga Anda, Anda harus mencoba mempelajari apa yang dibutuhkan tetangga Anda setiap hari.

Biasanya produk yang muncul adalah produk yang cepat berhenti dan terus menerus (fast moving) yang dibutuhkan, seperti pulsa, paket data, sembako, perlengkapan mandi, air galon dan lain-lain.

Langkah ini juga harus dilakukan sedemikian rupa agar produk yang dijual di toko setidaknya sudah memiliki pasar, sehingga tidak perlu berspekulasi lagi.

2. Tentukan Jumlah Modal

Setelah mengetahui kebutuhan masyarakat sekitar, menentukan modal awal bisa lebih mudah. Modal awal ini bisa digunakan untuk membeli barang fast moving ini karena keuntungan yang diharapkan sudah bisa didapat.

Keuntungan dari modal awal ini bisa Anda gunakan untuk mengembangkan toko kelontong yang memajang berbagai macam barang. Selain menjual barang, Anda perlu menyiapkan modal untuk furniture toko seperti meja, etalase, kursi, kalkulator dan lain-lain. Jangan lupa merencanakan pengeluaran tak terduga untuk kebutuhan mendadak, seperti:kerusakan peralatan bisnis atau biaya lingkungan.

3. Lokasi yang Strategis

Menentukan lokasi toko kelontong Anda juga bisa menjadi faktor penting dalam keberhasilan atau kegagalan bisnis Anda. Untuk menentukan lokasi toko, beberapa hal harus diperhatikan seperti : target pasar, biaya sewa, lokasi kompetitor dan lain-lain.

Jika memungkinkan, tidak ada salahnya membuka toko kelontong di lingkungan Anda sendiri. Selain menghilangkan biaya sewa, Anda akan lebih mengenal daerah dan kebutuhan masyarakat setempat. Ingat masyarakat lebih memilih berbelanja lebih dekat daripada pergi jauh dari rumahnya sendiri. 

4. Sediakan Tempat Penyimpanan

Untuk memastikan kualitasnya agar tidak mudah rusak, Anda harus menyiapkan ruangan seperti gudang untuk menyimpan barang-barang gudang. Selain untuk pencegahan kerugian, gudang juga dibutuhkan untuk menyimpan barang agar selalu tersedia saat pelanggan mencarinya. Lakukan juga perawatan gudang secara rutin minimal seminggu sekali untuk menghilangkan debu atau hama seperti kutu dan lainnya.

5. Mencari Distributor yang Tepat

Keuntungan berbelanja bahan makanan adalah perbedaan harga barang saat dibeli dan dijual kepada pelanggan. Lakukan penelitian dan pertanyaan Anda pada daftar agen ini dan temukan yang menawarkan harga terendah dan produk berkualitas. Selain itu, pilihlah distributor yang dapat Anda ajak berkomunikasi dengan mudah dan cepat agar bisnis Anda berjalan lancar di kemudian hari. Setelah Anda menemukan yang tepat, ajukan permohonan untuk menjadi reseller untuk mendapatkan keuntungan tambahan.

6. Tawarkan Pelayanan Tambahan

Pelanggan pasti akan sangat senang ketika mereka mendapatkan lebih banyak penawaran dan layanan dari Anda. Mulailah dengan penawaran harga, yang bisa dilakukan dengan harga paket. Misalnya, jika Anda membuat paket internet dan telepon, harganya bisa lebih murah daripada membelinya secara terpisah.

Untuk layanan, Anda dapat menawarkan layanan tidak hanya pembelian pulsa dan sembako namun juga menyediakan layanan lain seperti pembayaran tagihan listrik, PDAM, Wifi dan lain-lain 

Nah, itulah tips-tips sukses membuka usaha toko kelontong yang bisa menambah wawasan bagi Anda. Bagi Anda yang ingin menyediakan layanan pembelian dan terlengkap Anda bisa bergabung menjadi agen Yopay. Dengan menjadi agen Yopay, Anda bisa menyediakan layanan pembelian pulsa, paket data dan juga layanan PPOB hingga pembelian tiket perjalanan. 

Nikmati layanan transaksi pembelian cepat dan terlengkap di Aplikasi Yopay ! Download Sekarang

Bagikan

Berlangganan Sekarang

Update berita & promo terbaru YOPAY!

Yopay footer-min

Jadi Untung Sekarang Juga

#PastiDetikan

4.8

Play Store

4.8/5