You are here:
Ternyata Ini Aplikasi-Aplikasi yang Sedot Banyak Kuota Internet. Foto: Yopay

Ternyata Ini Aplikasi-Aplikasi yang Sedot Banyak Kuota Internet

Sebagai pengguna internet, terkadang suka heran saat kuota internet yang sering kita pakai lewat mobile phone maupun laptop cenderung cepat habis. Lebih anehnya lagi, kuota tersebut terbilang baru beberapa hari dibeli, namun sudah habis.

Nah, ternyata hal tersebut mempunyai penyebab dari aplikasi yang sering digunakan. Menurut riset yang dilakukan WhistleOut, ada beberapa aplikasi yang dianggap paling boros menyedot kuota internet. Lantas, apa saja aplikasi itu? Simak selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Syarat dan Cara Top Up Flazz BCA Lewat M-Banking, Mudah dan Praktis

Ilustrasi Mengatasi Kode MMI XL Tidak Valid. Foto: Pixabay

Aplikasi yang Sedot Banyak Kuota

  1. Instagram

Sebagai media sosial berbasis foto dan video, tentu Instagram lebih banyak memakan data daripada media sosial berbasis teks. Data kita bisa tersedot ketika video di Instagram diputar secara otomatis. 

Menurut penelitian, aplikasi yang pertama kali diluncurkan pada Oktober 2010 ini menyedot kuota sebanyak 720 MB per jam. Tak ayal, banyak pengguna sering terheran-heran tentang jumlah kuota internet mereka yang cepat habis.

2. TikTok

TikTok adalah aplikasi yang dianggap paling banyak memakan kuota internet. Setiap pengguna yang membuka aplikasi berbagi video pendek ini bisa menyedot 840 MB kuota internet dalam satu jam.

Artinya, kuota internet yang digunakan sangat boros jika sering membuka aplikasi TikTok. Tak ayal, banyak pihak menyebut TikTok adalah aplikasi yang paling banyak menyedot kuota internet.

3. YouTube

YouTube adalah aplikasi berbagi video pendek dan panjang menempati urutan ketiga dalam pemakaian kuota internet.

Aplikasi ini dianggap bisa menghabiskan kuota internet sebanyak 300 MB dalam satu jam. Bahkan, banyak pengguna yang bisa kehilangan lebih dari 300 MB per jam jika membuka video di YouTube dengan resolusi tinggi.

  1. Spotify

Spotify berada di urutan keempat sebagai aplikasi yang dinilai boros menyedot kuota internet. Aplikasi ini bisa menghabiskan 43 hingga 72 MB per jam.

Pemborosan kuota terjadi jika menggunakan kualitas 96 kbps dan 160 kbps. Peningkatan kualitas tersebut adalah pemicu kuota internet cepat habis saat menggunakan spotify.

  1. Netflix

Saat menjalankan aplikasi Netflix dengan standar definition, Anda bisa menghabiskan kuota sebanyak 1GB. Dengan standar high, Anda bisa menghabiskan kuota sebesar 3GB hingga 7GB.

Saat menonton Netflix dengan smartphone, Anda bisa menurunkan kualitas video agar tidak boros kuota. Caranya adalah dengan matikan set otomatis dan pilih kualitas streaming sedang atau rendah ketika memakai mode seluler. Anda bisa menonton 4 jam dan hanya menghabiskan 1 GB saja!

Bagikan

Berlangganan Sekarang

Update berita & promo terbaru YOPAY!

Lainnya
Cara Membeli Token PLN 99 Ribu di Menu Promo Yopay. Foto: Yopay
Penggunaan Kuota Shopping AXIS beserta…
chat lock wa. Foto: Yopay
Langkah Mudah Bayar PBB Kota…
Cara Menggunakan Microsoft Temas Untuk Bekerja. Foto: Yopay
Apa Itu Paket Unlimited Nonstop…
Cara Menggunakan Microsoft Temas Untuk Bekerja. Foto: Yopay
Cara Beli PLN Token End…
Cara Menggunakan Microsoft Temas Untuk Bekerja. Foto: Yopay
Cara Bayar Pajak Bumi Bangunan…
Yopay footer-min

Jadi Untung Sekarang Juga

#PastiDetikan

4.8

Play Store

4.8/5

Download Yopay

Ikuti Kami

+62815-5666-3933

cs@yopay.co.id

© 2022 YOPAY. All rights reserved.