Telkom dan Telkomsel telah sepakat untuk memisahkan layanan IndiHome dari Telkom dan akan segera menggabungkannya dengan Telkomsel. Rencananya 1 Agustus 2023 merupakan hari pertama komersialisasi IndiHome di bawah Telkomsel.
Telkomsel akan mengoperasikan infrastruktur last mile (pengguna retail) IndiHome, yang berarti Telkomsel terbatas hanya menangani infrastruktur kabel fiber optik dari tiang ke rumah pelanggan, lengkap dengan perangkat modem WiFi, hingga set top box TV di rumah pelanggan.
Sementara infrastruktur mid mile IndiHome dan Telkomsel tetap dioperasikan oleh Telkom. Nantinya, Telkomsel akan membayar sewa pemanfaatan infrastruktur mid mile kepada Telkom.
Dengan ini, Telkomsel menjadi perusahaan telekomunikasi yang memberi layanan seluler, layanan internet (WiFi) rumahan, TV kabel, dan telepon rumah. Lengkap sudah layanan konektivitas yang disediakan Telkomsel.
Baca Juga: 5 Cara Top Up Free Fire Pakai Pulsa Telkomsel, Mudah dan Anti Ribet
Keuntungan Indihome Gabung dengan Telkomsel
Berikut 5 keuntungan Indihome gabung dengan Telkomsel. Simak selengkapnya.
1. FMC membuat pelanggan terus terkoneksi dengan internet
Penggabungan IndiHome ke Telkomsel menandaikan dimulainya strategi Fixed Mobile Convergence (FMC) di Telkom. FMC merupakan penggabungan teknologi internet fixed broadband dan mobile seluler dalam satu layanan sehingga konektivitas dapat dengan mudah dinikmati oleh pelanggan.
Ketika di dalam rumah, pelanggan terhubung ke jaringan WiFi IndiHome, sementara saat di luar rumah terhubung ke jaringan seluler Telkomsel.
2. Pemindahan IndiHome ke Telkomsel akan berjalan mulus
Pemindahan layanan IndiHome dari Telkom ke Telkomsel dijanjikan akan berjalan mulus, tanpa hambatan dan tidak ada biaya tambahan atas pemindahan layanan ini.
3. Layanan bundel IndiHome – Telkomsel
Akan ada beragam pilihan paket internet baru IndiHome – Telkomsel, dan juga paket konten hiburan baru yang menarik serta kompetitif bagi pelanggan.
4. Ada fitur penggabungan tagihan
Dengan adanya fitur bundel antara IndiHome dan Telkomsel, Ririek mengatakan akan ada sistem penggabungan tagihan bagi pelanggan yang memakai layanan IndiHome dan Telkomsel. Hal ini akan memberi kemudahan dalam hal pembayaran.
5. Penggabungan channel customer service IndiHome dan Telkomsel
Akan ada penggabungan saluran layanan pelanggan (customer service) antara IndiHome dan Telkomsel. Telkom akan menggabungkan aplikasi mobile MyIndiHome dan MyTelkomsel, call center 147 dan 188, serta penggabungan gerai pelayanan Plaza Telkom dan Grapari.