You are here:
Cara Menghemat Paket Data Agar Tidak Cepat Habis. Foto: Yopay

Cara Menghemat Paket Data Agar Tidak Cepat Habis

Internet sudah menjadi hal yang wajib dimiliki semua orang pada saat ini. Namun, untuk bisa mengakses internet, seseorang harus membayarnya dengan cara membeli paket data atau kuota internet.

Kuota internet adalah batasan pengguna internet pada jangka waktu tertentu. Misalnya, seseorang akan membeli kuota internet sebesar 20 GB selama satu bulan, maka akses internet yang bisa digunakan sebesar 20 GB.

Cukup susah bagi seseorang yang ingin menjaga penggunaan kuota internet agar bisa mencapai target satu bulan atau cukup dari batas masa aktif kuota internet. Karena biasanya paket internet akan bisa habis dari sebelum waktu yang ditentukan.

Lantas bagaimana cara menghemat paket data agar tidak cepat habis? Disini Yopay sudah merangkum beberapa cara agar bisa menghemat paket data. Simak berikut ini.

Baca Juga: Cara Pasang Indihome Tanpa Telepon Rumah yang Perlu Diperhatikan

Ilustrasi Menangkap momen dengan kamera adalah salah satu hal yang dapat membuat kenangan. Setelah menangkap momen bersama keluarga atau teman, biasanya seseorang akan membagikan hasil gambar nya melalui handphone. Memindahkan file foto diperlukan saat pengguna handphone Android ingin beralih ke iPhone. Namun, memindahkan foto dari Android ke iPhone memungkinkan akan sedikit rumit. Sebab, foto tidak bisa dikirim langsung melalui koneksi Bluetooth. Lantas, bagaimana cara mengirim foto dari handphone Android ke iPhone. Foto: Pexels

Cara Menghemat Paket Data Agar Tidak Cepat Habis

Merangkum dari laman Fossbytes, berikut 4 cara menghemat paket data agar tidak cepat habis.

  1. Batasi Update pada Aplikasi

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghemat paket data adalah dengan cara membatasi update pada aplikasi. Tanpa disadari biasanya saat ada aplikasi yang ingin diperbarui maka aplikasi tersebut akan otomatis mengunduh dengan sendirinya di PlayStore. 

Jika terdapat banyak aplikasi maka paket data akan cepat habis. Anda bisa ubah pengaturan update aplikasi ke WiFi only supaya aplikasi tersebut tidak memperbarui secara tiba-tiba dan akan update jika Anda menggunakan wifi saja.

2. Jangan Streaming Video

Kegiatan streaming video secara online juga salah satu kebiasaan yang dapat menguras paket data. Langkah alternatif yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menurunkan kualitas video stream menjadi tingkat yang paling rendah dengan bertujuan untuk menghemat paket data Anda.

3. Matikan Fitur Unduh Media Otomatis

Cara ketiga yakni matikan fitur unduh media otomatis. Salah satu aplikasi yang memiliki fitur unduh media otomatis adalah Whatsapp. Fitur ini memungkinkan Anda mengunduh konten yang dikirim oleh seseorang secara langsung meskipun tidak ingin mengunduh media tersebut. 

Pasti Anda banyak menemui foto atau video yang tiba-tiba saja berada di galeri meskipun Anda tidak mengunduh foto atau video tersebut? Ya, itu adalah fitur aplikasi Whatsapp unduh media otomatis jadi jangan lupa untuk dimatikan ya.

4. Setting Alarm Penggunaan Berlebihan

Cara yang terakhir yakni Anda bisa mengaktifkan fitur setting alarm penggunaan berlebihan. Cara tersebut bisa menghemat paket data. Ikuti langkahnya berikut ini.

  • Settings
  • Network dan Internet
  • Data Usage
  • Mobile Data Usage
  • Tap Set Data Warning On

Jika sudah, Anda akan lebih bisa mengontrol penggunaan paket data agar lebih hemat kedepannya.

Bagikan

Berlangganan Sekarang

Update berita & promo terbaru YOPAY!

Lainnya
Cara Membeli Token PLN 99 Ribu di Menu Promo Yopay. Foto: Yopay
Penggunaan Kuota Shopping AXIS beserta…
chat lock wa. Foto: Yopay
Langkah Mudah Bayar PBB Kota…
Cara Menggunakan Microsoft Temas Untuk Bekerja. Foto: Yopay
Apa Itu Paket Unlimited Nonstop…
Cara Menggunakan Microsoft Temas Untuk Bekerja. Foto: Yopay
Cara Beli PLN Token End…
Cara Menggunakan Microsoft Temas Untuk Bekerja. Foto: Yopay
Cara Bayar Pajak Bumi Bangunan…
Yopay footer-min

Jadi Untung Sekarang Juga

#PastiDetikan

4.8

Play Store

4.8/5