You are here:

Pembukuan Keuangan Usaha Galon, Ini Cara Membuatnya

Pembukuan keuangan sangat penting dalam usaha salah satunya pada usaha galon. Pada usaha galon, sekilas pembukuan terdengar sedikit rumit, namun ternyata pembukuan bisa dilakukan dalam bentuk yang sederhana asalkan langkah-langkah pembuatannya benar.

Namun kebanyakan tidak memiliki pembukuan keuangan usaha galon yang tepat dan terperinci, Padahal, laporan pembukuan konter merupakan salah satu hal terpenting dalam usaha.

Banyak pemilik usaha mencatat hanya sebuah coretan pada selembar kertas tidak dicatat pada sebuah buku. Dan catatan terkadang tidak jelas, yang memungkinkan terjadinya kesalahan dalam perhitungan dan pencatatan pengeluaran dan pemasukan. Akibatnya, sering terjadi perbedaan antara jumlah laba seharusnya dan jumlah fisik uang yang dimiliki.

Jenis Laporan Pembukuan Usaha Galon

Seperti yang kita ketahui laporan pembukuan usaha galon yang benar adalah laporan yang terperinci yang membagi beberapa jenis laporan yang harus rekap agar tidak terjadi kesalahan. Dan berikut pembagiannya : 

Membuat Laporan Penjualan

a. Laporan Penjualan Air

Laporan pertama yang diperlukan untuk bisa merekam semua kegiatan yang dilakukan pada usaha air galon adalah membuat laporan penjualan. Karena pada dasarnya toko galon tidak hanya menjual atau menyediakan layanan pembelian air galon namun juga menyediakan pembelian air isi ulang, air mineral dalam kemasan botol hingga penjualan pulsa dan paket data. Untuk membuatnya Anda dapat menyiapkan buku catatan atau buku folio biasa untuk mencatat transaksi penjualan setiap harinya. Anda perlu membuatnya dengan membuat 5 kolom yang berisi :

  • No
  • Tanggal
  • Nama pembeli.
  • Jenis layanan atau produk yang dibeli
  • Total pembelian

Dengan begitu Anda bisa mengetahui rekapan penjualan setiap harinya pada toko galon Anda.

Membuat Catatan Pembelian

Buku catatan pembelian, merupakan salah satu buku yang wajib dimiliki oleh semua pemilik usaha galon, tidak terkecuali penjual galon. Buku catatan pembelian digunakan untuk merekap transaksi pembelian ke distributor Anda. Dengan adanya catatan ini, dengan mudah Anda bisa mengetahui kapan anda melakukan transaksi dan jumlah uang yang Anda keluarkan untuk memenuhi stok toko galon Anda.

Untuk membuat catatan ini Anda harus menyiapkan 5 kolom :

  • Tanggal pembelian
  • Nama distributor
  • Nama produk yang ingin Anda beli
  • Jumlah uang yang Anda keluarkan
  • Ttd penerima

Selain catatan pembelian, jangan lupa juga Anda menyimpan nota / bukti pembelian yang diberikan oleh distributor galon atau air.

b. Laporan Penjualan Online

Penjualan online ini terjadi ketika pembeli membeli produk pada toko galon Anda melalui WhatsApp dan membayar menggunakan kartu kredit atau alat pembayaran online. Sebenarnya, Anda dapat menggabungkan buku laporan penjualan ini dengan buku penjualan di atas, jika Anda tidak memiliki banyak orang yang menggunakan metode ini di toko galon Anda. Namun lebih baik jika Anda membuat laporan penjualan online tersendiri karena disadari atau tidak, uang hasil penjualan online seringkali tidak terhitung dengan baik.

Membuat Catatan Pembelian

Buku catatan pembelian, merupakan salah satu buku yang wajib dimiliki oleh semua pedagang, tidak terkecuali penjual galon. Buku catatan pembelian digunakan untuk merekap transaksi pembelian ke distributor tempat memasok air untuk usaha Anda. Dengan adanya catatan ini, dengan mudah Anda bisa mengetahui kapan Anda melakukan transaksi dan jumlah air yang Anda keluarkan untuk memenuhi stok penjualan Anda.

Untuk membuat catatan ini Anda harus menyiapkan 5 kolom :

  • Tanggal pembelian
  • Nama distributor
  • Jenis pembelian
  • Jumlah uang yang Anda keluarkan
  • Ttd penerima

Selain catatan pembelian, jangan lupa juga Anda menyimpan nota / bukti pembelian yang diberikan oleh provider atau distributor.

 Baca juga : Tips Sukses Memulai Bisnis Air Galon dan Kemasan

Membuat Catatan Utang-Piutang

Buku besar piutang adalah buku besar yang mencatat piutang dari pelanggan dan pemasok. Buku ini berisi nominal pinjaman dan informasi tentang jumlah piutang Anda.

Utang dagang biasanya diselesaikan untuk setiap transaksi utang berdasarkan pembayaran atau informasi transaksi seperti faktur dan lampiran.

Dengan buku ini Anda dapat mengukur jumlah utang usaha Anda. Anda juga dapat menggunakan buku ini untuk mengetahui situasi utang usaha Anda saat ini. Ini akan mempertimbangkan Anda saat membuat keputusan lebih lanjut mengenai utang Anda.

Bagi Anda yang berminat bergabung menjadi Agen Yopay bisa mendownload Aplikasi Yopay melalui link berikut : Download Disini

Bagikan

Berlangganan Sekarang

Update berita & promo terbaru YOPAY!

Lainnya
Cara Membeli Token PLN 99 Ribu di Menu Promo Yopay. Foto: Yopay
Penggunaan Kuota Shopping AXIS beserta…
chat lock wa. Foto: Yopay
Langkah Mudah Bayar PBB Kota…
Cara Menggunakan Microsoft Temas Untuk Bekerja. Foto: Yopay
Apa Itu Paket Unlimited Nonstop…
Cara Menggunakan Microsoft Temas Untuk Bekerja. Foto: Yopay
Cara Beli PLN Token End…
Cara Menggunakan Microsoft Temas Untuk Bekerja. Foto: Yopay
Cara Bayar Pajak Bumi Bangunan…
Yopay footer-min

Jadi Untung Sekarang Juga

#PastiDetikan

4.8

Play Store

4.8/5