You are here:
Tips-buka-usaha-dari-nol-tanpa-modal-Yopay.png

Tips Memulai Bisnis dari Nol Tanpa Modal

Memilih cara berbisnis sebenarnya bukanlah pilihan yang mudah. Selain itu, membuka usaha sendiri membutuhkan persiapan yang matang. Namun, tidak ada jaminan bisnis yang Anda bangun akan berjalan mulus.

Risiko kegagalan Anda sama dengan peluang Anda untuk sukses nanti. Namun, hal ini membuat memulai bisnis sendiri menjadi cerita yang menarik bagi mereka yang menjalaninya. Sekarang Anda mungkin ingin mencobanya sendiri.

Namun sejatinya yang perlu Ansa ketahui bahwa tidak ada bisnis tanpa modal. Semua bisnis membutuhkan modal mungkin tidak berbentuk produk namun usaha, waktu dan perangkat pendukung lainnya

Tips Memulai Bisnis dari Nol Tanpa Modal

Mulailah mempersiapkan bisnis pertama Anda. Lihat di bawah bagaimana Anda dapat memulai bisnis dari nol tanpa modal yang banyak

1. Rencana Bisnis yang Tepat

Rencana bisnis adalah hal terpenting sebelum memulai bisnis Anda sendiri. Buat rencana bisnis yang baik dengan tujuan yang jelas. Anda juga perlu mengembangkan visi dan misi bisnis yang tidak sekedar mencari keuntungan.

Lebih dalam lagi, Anda perlu mencari tahu latar belakang dan alasan membangun bisnis ini. Cantumkan juga rencana bisnis yang Anda jalankan dan target pasar yang ingin Anda bidik. Pastikan semua elemen dimasukkan dalam rencana bisnis hingga ke detail terkecil.

2. Menghitung Modal yang Dibutuhkan

Tentunya membangun bisnis harus dimulai dengan modal yang cukup. Saat ditanya berapa jumlah yang paling mencukupi, jawabannya tidak ada angka pastinya. Anda harus menghitungnya sendiri

Modal biasanya diperlukan untuk membeli peralatan untuk bahan yang dibutuhkan untuk membuat produk. Kami merekomendasikan berinvestasi pada produk terbaik jika Anda membutuhkan peralatan untuk bisnis Anda. Jika Anda ingin menjalankan bisnis online, pastikan Anda memiliki perangkat yang berfungsi.

Tidak ada salahnya membeli smartphone atau laptop baru, terutama untuk keperluan bisnis. Hindari membeli barang untuk mencari harga murah untuk mengurangi modal. Karena produk murah identik dengan cepat rusak. Anda tidak ingin menghabiskan lebih banyak modal untuk membeli peralatan bisnis yang mudah rusak.

3. Memilih Bidang yang Paling Mudah Dipahami

Daripada memilih bidang baru, cobalah memulai bisnis sendiri di bidang yang sudah Anda pahami. Ini membuat bisnis Anda lebih mudah. Kalaupun harus belajar, tingkatkan ilmunya sedikit demi sedikit dan jangan mulai dari awal. Bagi anda yang mengetahui tentang sneakers bisa membuka toko jual beli sepatu. Jika Anda suka memasak, Anda juga bisa membuka usaha katering. Jika Anda telah menjalani apa yang Anda pahami, maka kejar hasrat Anda di dunia korporat.

4. Menunjukkan Keunikan Produk

Bisnis yang Anda bangun mungkin sama dengan bisnis orang lain. Perang harga untuk produk semakin cepat di pasar. Namun, Anda bisa mengalahkan pasar dengan menawarkan keunikan Anda sendiri.

Berikan produk yang Anda sajikan unique selling proposition (USP). Keunikan ini pada akhirnya memberikan karakter pada perusahaan Anda. Sebagian besar pelanggan juga mencari hal yang berbeda dibandingkan dengan merek lain. 

5. Belajar dari Pebisnis Lain

Jika Anda ingin membuka bisnis sendiri, Anda tidak perlu mengisolasi diri. Anda perlu belajar dari mereka yang sudah memiliki pengalaman dalam menjalankan bisnis. Gali informasi dan ilmu yang bisa Anda terapkan pada bisnis Anda.

Jangan hanya melihat yang berprestasi, oke? Mereka juga perlu belajar dari trader yang gagal. Cari tahu alasan mengapa pengusaha gagal dalam bisnisnya. Belajar dari kesalahan memberi Anda tindakan dan strategi proaktif yang siap.

8. Promosi Penjualan yang Intensif

Ada banyak cara untuk mempromosikan bisnis. Anda harus menggunakan keluarga dan orang-orang terdekat Anda untuk membantu promosi, gunakan juga semua saluran dan platform digital. Dalam hal ini, Anda dapat memasarkan produk Anda melalui website, media sosial, dan marketplace.

Tidak hanya perusahaan dan produk Anda yang dapat diiklankan. Sebagai pengusaha, Anda juga perlu dikenal oleh banyak orang. Mulailah bergabung dengan dunia bisnis untuk membuat banyak koneksi.

7. Mengelola Keuangan yang Baik

Pendanaan adalah kunci untuk kelangsungan bisnis. Anda harus mengelola arus kas masuk dan keluar dengan benar. Selalu ingat untuk menempatkan pendapatan sebelum pengeluaran. Ini karena pengeluaran berlebihan berarti bisnis Anda kehilangan uang.

Jangan lupa untuk membuat laporan keuangan yang rapi dan detail. Dengan cara ini Anda juga dapat dengan mudah memeriksa dan menganalisisnya. Selalu rutin meninjau laporan keuangan untuk menghindari arus kas.

Hal penting lainnya, selalu pisahkan uang pribadi dengan uang usaha. Jika memang diperlukan, tidak ada salahnya membuka akun trading.

8. Mengembangkan Pikiran Bisnis

Banyak orang ingin mencoba memulai bisnis mereka sendiri, tetapi mereka tidak memiliki pemikiran bisnis yang baik. Hal ini dapat berdampak buruk terhadap kelangsungan usaha di masa yang akan datang. Jadi Anda perlu mempersiapkan diri secara mental sebelum memulai bisnis yang sedang Anda bangun.

Tentunya mindset bisnis yang baik harus siap gagal dan siap sukses. Bersedia untuk gagal pasti dapat dibangun untuk menciptakan rencana bisnis yang menyeluruh. Anda juga harus memiliki keterampilan manajemen risiko yang baik dan tahu apa yang harus dilakukan jika Anda akhirnya kehilangan uang.

Di sisi lain, Anda juga harus siap saat memulai bisnis. Pengusaha yang tidak siap untuk sukses pasti malas dan senang dengan apa yang telah dicapai. Namun setelah selesai, tentunya Anda akan terus membangun kesuksesan Anda dengan inovasi baru dan segar. 

Demikian cara memulai bisnis Anda sendiri dari nol. Anda sebenarnya bisa memulai bisnis sekarang juga dengan bergabung menjadi Agen Yopay.

Dengan menjadi agen Yopay, Anda bisa menyediakan layanan pembelian pulsa, paket data dan juga layanan PPOB hingga pembelian tiket perjalanan. 

Nikmati layanan transaksi pembelian cepat dan terlengkap di Aplikasi Yopay ! Download Sekarang

Bagikan

Berlangganan Sekarang

Update berita & promo terbaru YOPAY!

Lainnya
Cara Membeli Token PLN 99 Ribu di Menu Promo Yopay. Foto: Yopay
Penggunaan Kuota Shopping AXIS beserta…
chat lock wa. Foto: Yopay
Langkah Mudah Bayar PBB Kota…
Cara Menggunakan Microsoft Temas Untuk Bekerja. Foto: Yopay
Apa Itu Paket Unlimited Nonstop…
Cara Menggunakan Microsoft Temas Untuk Bekerja. Foto: Yopay
Cara Beli PLN Token End…
Cara Menggunakan Microsoft Temas Untuk Bekerja. Foto: Yopay
Cara Bayar Pajak Bumi Bangunan…
Yopay footer-min

Jadi Untung Sekarang Juga

#PastiDetikan

4.8

Play Store

4.8/5