You are here:
Sistem-Pembayaran-Online-untuk-Bisnis-Yopay.png

Cara Membuat Sistem Pembayaran Online untuk Bisnis Anda

Sangat penting bagi pemilik bisnis untuk memahami cara membuat sistem pembayaran online. Karena teknologi saat ini sudah sangat maju. Sistem pembayaran secara tidak sadar telah berubah. Yang awalnya offline atau offline kini menjadi online atau offline.

Artikel ini membahas sistem pembayaran online untuk bisnis, mulai dari definisi, jenis, dan cara membuatnya. Simak penjelasannya hingga selesai mengetahui cara membuat sistem pembayaran online untuk bisnis Anda.

Kenali Sistem Pembayaran Online untuk Bisnis

Dengan perkembangan teknologi, sistem pembayaran juga berkembang. Berbagai metode digunakan untuk menciptakan sistem pembayaran yang nyaman dan aman untuk konsumen dan bisnis.

Sistem pembayaran online merupakan metode pembayaran baru yang menawarkan berbagai kemudahan. Dengan sistem pembayaran ini, konsumen tidak perlu khawatir untuk menyediakan uang tunai untuk transaksi pembayaran. Bagi pemilik bisnis, sistem pembayaran online juga membawa keuntungan tersendiri. Karena cara online sangat praktis dan efektif untuk digunakan. Selain itu, pembayaran online juga lebih mudah dilacak karena menyediakan laporan real-time yang terperinci, sehingga memudahkan pembuatan laporan transaksi bisnis.

Macam-macam Metode Pembayaran Online

Jenis pembayaran online apa yang digunakan di Indonesia? Banyak jenis pembayaran online yang saat ini tersedia di Indonesia, antara lain:

Dompet Digital

Metode pembayaran yang pertama adalah dompet elektronik. Seperti namanya, dompet elektronik berfungsi seperti dompet biasa. “Isi dompet” bukan hanya uang tunai, melainkan uang digital yang akan digunakan untuk transaksi jual beli digital.

Akun Virtual Bank

Rekening virtual bekerja dengan cara yang sama seperti nomor rekening yang diberikan oleh bank. Hanya virtual dan opsional. Bagaimana cara kerjanya? Bank memberikan nomor identifikasi khusus untuk setiap transaksi yang dilakukan pada akun virtual. Konsumen kemudian dapat membayar menggunakan nomor ini.

Kartu Debit Bank

Dalam beberapa hal, kartu bank adalah metode pembayaran online yang paling umum digunakan. Karena kartu bank sudah ada sejak lama. Untuk melakukan transaksi dengan kartu debit, konsumen hanya perlu memasukkan informasi kartu di platform transaksi. Sistem secara otomatis memotong saldo kartu debit berdasarkan nominal pembelian.

Kode QR

Terakhir, ada kode QR. Dengan sistem pembayaran ini, konsumen hanya perlu memindai kode khusus di retailer. Indonesia sudah memiliki QRIS (QR Code Indonesian Standard). QRIS adalah kode QR standar yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia. Dengan QRIS, merchant dapat menerima pembayaran dari berbagai bank dan aplikasi pembayaran online dengan satu kode QR.

Cara Membuat Sistem Pembayaran Online untuk Bisnis

Sistem pembayaran online menawarkan berbagai kemudahan dan keuntungan baik bagi konsumen maupun bisnis. Di sisi konsumen, pembayaran online membuat proses transaksi menjadi lebih cepat dan nyaman. Dari sudut pandang pengusaha, pembayaran online memudahkan kontrol transaksi jual beli.

Untuk membuat sistem pembayaran bisnis online Anda. Anda bisa menggunakan layanan yang disediakan oleh Yopay. 

Yopay menyediakan sistem pembayaran online untuk mempermudah transaksi pada bisnis pulsa dan paket data yang Anda miliki seperti QR Code, Akun Virtual Bank. 

Yopay juga menyediakan sistem pembayaran bagi Anda yang memiliki bisnis pada marketplace.

Bagikan

Berlangganan Sekarang

Update berita & promo terbaru YOPAY!

Lainnya
Cara Membeli Token PLN 99 Ribu di Menu Promo Yopay. Foto: Yopay
Penggunaan Kuota Shopping AXIS beserta…
chat lock wa. Foto: Yopay
Langkah Mudah Bayar PBB Kota…
Cara Menggunakan Microsoft Temas Untuk Bekerja. Foto: Yopay
Apa Itu Paket Unlimited Nonstop…
Cara Menggunakan Microsoft Temas Untuk Bekerja. Foto: Yopay
Cara Beli PLN Token End…
Cara Menggunakan Microsoft Temas Untuk Bekerja. Foto: Yopay
Cara Bayar Pajak Bumi Bangunan…
Yopay footer-min

Jadi Untung Sekarang Juga

#PastiDetikan

4.8

Play Store

4.8/5