You are here:
tips hemat kuota Yopay

7 Tips Hemat Kuota di Handphone Android kamu

Dalam kegiatan sehari-hari mungkin kamu membutuhkan sedikit waktu kamu untuk bersantai dirumah dengan telepon seluler kamu. Kamu ingin mengirim pesan ke orang lain atau mengakses media sosial kamu, dengan begitu pasti kamu membutuhkan koneksi internet yang terus berjalan agar ponsel kamu bisa digunakan. Jika paket data atau wifi kamu terputus tentunya koneksi internet kamu akan berhenti. Menggunakan paket data di ponsel mungkin lebih mahal bagi yang tidak memiliki fasilitas Wi-Fi, karena itu, banyak yang mencoba meminimalkan penggunaannya. Berikut ini adalah tips hemat kuota yang bisa kamu lakukan di ponsel atau Hp Android kamu :

 

 

1.  Pasang Batas Penggunaan Setiap Bulan

Paket data internet kamu habis dalam waktu kurang dari sebulan ?, coba setel limit atau batas penggunaan internet bulanan di handphone kamu. Metode ini bekerja untuk ponsel Android  kamu, metodenya mudah :

Pertama, periksa penggunaan internet Anda di Pengaturan> Koneksi. Anda dapat menggunakan data ini untuk memperkirakan berapa banyak data yang kamu butuhkan perbulan.

Lalu klik Setel batas data seluler atau Batasi penggunaan data seluler. Tips hemat kuota kamu ini bisa memperkecil pengeluaran tanpa harus berhenti menggunakan Internet.

batasi-penggunaan-data-Yopay

 

2.  Batasi Background Data yang Berjalan

Pemakaian ponsel Android memiliki banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang. Misalnya media sosial dan game yang tidak sepenuhnya dimatikan. Jadi jangan heran jika  kamu kehilangan beberapa paket data internet.

Untungnya, ada cara untuk meminimalkan data latar belakang ini dengan cata ara membuka Pengaturan > Penggunaan Data di ponsel Android kamu, Selanjutnya, kamu akan melihat sekumpulan aplikasi Android berdasarkan penggunaan data. Klik Aplikasi yang ingin kamu batasi, lalu klik Batasi data latar belakang aplikasi.

Perlu kamu ketahui bahwa metode ini akan membatasi pergerakan aplikasi. Misalnya, ketika diterapkan ke Facebook, kamu tidak akan mendapatkan notifikasi sebanyak sebelum kamu menerapkan metode ini.

Batasi-Background-Data-yang-Berjalan-Yopay

 

3.  Pastikan Aplikasi Tidak Update Secara Otomatis

Berikutnya yang menghabiskan paket data kamu adalah Play Store. Jika Playstore tidak diatur dengan benar, aplikasi yang ada di ponsel kamu akan diperbarui setiap saat. Karena itu, berhati-hatilah dengan pengaturan ponsel kamu. Juga, pastikan kamu hanya mengunduh aplikasi Android yang ringan dan bermanfaat.

Untuk melakukan ini, kamu bisa membuka buka Aplikasi Play Store > Pengaturan > Perbarui aplikasi secara otomatis. Di pengaturan itu ada tiga pilihan yang tersedia. Jika kamu ingin menghindari pembaruan dengan paket data, jangan pilih opsi Melaui Jaringan Apapun. Lebih baik kamu pilih Hanya melalui Wi-Fi atau Jangan perbarui aplikasi secara otomatis.

Matikan Data Seluler-Yopay.png

 

4.  Matikan Data Jika Tidak Digunakan

Tips hemat kuota di Hp kamu selanjutnya adalah dengan mematikan paket data jika tidak digunakan. Biasanya meskipun kamu tidak menggunakan Aplikasi di ponsel kamu, beberapa aplikasi tersebut tetap berjalan, terutama aplikasi dengan notifikasi aktif. Aplikasi yang berjalan di latar belakang biasanya adalah aplikasi yang menggunakan data seluler. Jadi meskipun kamu menutup telepon dan menggunakannya, data seluler kamu akan terus berkurang. Untuk menghindarinya, matikan data seluler saat kamu tidak menggunakan ponsel. Misalnya, saat tidur atau melakukan aktivitas lain tanpa menggunakan ponsel.

Matikan Data Seluler-Yopay.png

 

5.  Hindari Unduhan Otomatis

Tips hemat kuota yang bisa kamu lakukan selanjutanya adalah dengan menghindari pengunduhan otomatis. Hindari pengunduhan otomatis pada Aplikasi perpesan kamu seperti whatsApps dan Telegram yang sering kali menerima konten media, baik video maupun gambar. Kamu dapat mengubah pengaturan pengunduhan media otomatis menjadi tanpa media. Dengan pengaturan ini, kuota kamu tidak akan pernah digunakan untuk mengunduh media secara otomatis dengan gratis. Kamu dapat memilih sendiri media yang ingin diunduh. Pengaturan ini tidak hanya menghemat kuota kamu, tetapi juga mengurangi penggunaan memori ponsel kamu.

 

 

6. Nonaktifkan Sinkronisasi

Beberapa aplikasi pada Hp Android kamu dapat disinkronkan secara otomatis loh !. Sinkronisasi itu berarti kamu akan kehilangan lebih banyak data. Untuk menghindarinya, cukup matikan sinkronisasi otomatis. Kamu cukup membuka pengaturan dan pilih opsi akun kamu. Dari sana, kamu akan melihat daftar aplikasi yang disinkronkan secara otomatis. Kamu bisa menonaktifkan aplikasi apa saja yang ingin kamu nonaktifkan sinkronisasinya. Jika kamu menggunakan kuota tanpa pengelolaan yang tepat, kamu akan kehilangan banyak kuota. Pemakaian terlalu banyak data internet juga membuat kita kecanduan ponsel. Oleh karena itu, untuk mengurangi kecanduan, sebaiknya kurangi penggunaan paket data dengan cara-cara di atas.

 

7.  Batasi Streaming Video

Saat kamu merasa bosan berada di tempat kerja atau diwaktu senggang, kamu pasti sering menghabiskan waktu untuk menonton video di YouTube dan platform lainnya. Banyaknya layanan streaming dan konten menarik yang disugunkan membuat kamu betah berlama-lama menggunkan ponsel kamu, sehingga terkadang tanpa disadari penggunaaan aplikasi ini bisa membuat kamu kehilangan paket data dengan cepat. Agar kamu bisa menghindari hal tersebut, kamu bisa mendownload konten favorit kamu melalui Wi-Fi dan simpan ke ponsel kamu terlebih dahulu.

Bagi Anda yang tidak bisa lepas dari ponsel namun tetap ingin menghemat pengeluaran, Yopay solusinya. Yopay menyediakan pembelian kuota atau paket data termurah dan memiliki banyak diskon serta promo cashback menarik. Dengan begitu kamu tetap masih bisa menggunakan kuota di ponsel secara tanpa kawatir banyak pengeluran dan kamu juga bisa mendapatkan banyak keuntungannya.

Download Aplikasi Yopay di Playstore kamu sekarang juga. !

Bagikan

Berlangganan Sekarang

Update berita & promo terbaru YOPAY!

Lainnya
Cara Membeli Token PLN 99 Ribu di Menu Promo Yopay. Foto: Yopay
Penggunaan Kuota Shopping AXIS beserta…
chat lock wa. Foto: Yopay
Langkah Mudah Bayar PBB Kota…
Cara Menggunakan Microsoft Temas Untuk Bekerja. Foto: Yopay
Apa Itu Paket Unlimited Nonstop…
Cara Menggunakan Microsoft Temas Untuk Bekerja. Foto: Yopay
Cara Beli PLN Token End…
Cara Menggunakan Microsoft Temas Untuk Bekerja. Foto: Yopay
Cara Bayar Pajak Bumi Bangunan…
Yopay footer-min

Jadi Untung Sekarang Juga

#PastiDetikan

4.8

Play Store

4.8/5