You are here:
digital payment

5 Macam Digital Payment yang Ada di Indonesia

Perkembangan teknologi dari waktu ke waktu membuat banyak perubahan bagi kehidupan manusia, salah satunya adalah perubahan pola pikir masyarakat Indonesia untuk bisa mengikuti kemajuan teknologi. Dengan kemajuan teknologi membuat dunia usaha semakin berkembang, berbagai macam kecanggihan yang ditawarkan untuk menunjang kepuasan pelanggan. Dalam dunia usaha banyak perusahaan yang memberi kemudahan kepada pelanggan untuk melakukan pembayaran. Perusahaan menawarkan cara pembayaran tanpa menggunakan uang kertas, tentu saja hal itu bisa memberi pengalaman baru bagi pelanggan, salah satu cara pembayaran yang ditawarkan tersebuat adalah Digital Payment.

Digital payment merupakan salah satu teknologi baru yang diciptakan untuk mempermudah pelanggan melakukan permbayaran yang jauh lebih praktis, efisien dan nyaman hanya dengan menggunakan media elektronik dan fasilitas internet. Tentunya dengan digital payment, pelanggan tidak perlu lagi membawa banyak uang ataupun pergi ke ATM untuk melakukan permbayaran.

Selain itu banyak faktor yang mendorong masyarakat Indonesia lebih memilih digital payment untuk melakukan transaksi pembayaran. Salah satu faktor pendorong tersebut adalah banyaknya penawaran diskon atau cashback, undian berhadiah, hingga bonus yang diberikan oleh penyedia layanan pembayaran digital.

Dengan melakukan transaksi pembayaran menggunakan Digital Payment, pelanggan bisa terhindar dari tindakan kriminal seperti pencopetan dan juga menimalisir terjadinya penipuan seperti maraknya uang palsu di masyarakat. Setiap transaksi menggunakan digital payment dilakukan menggunakan aplikasi yang disimpan dalam sebuah database khusus.

Sebelum menggunakan Digital Payment, Anda perlu terlebih dahulu mengehaui macam-macam Digital Paymen yang bisa Anda gunakan. Berikut merupakan beberapa macam digital payment yang ada di Indonesia.

1.  SMS Banking

SMS Banking merupakan salah satu layanan finalsial yang ditawarkan perbankan seperti (BRI, BCA, Mandiri, dll.) yang diakses menggunkan media elektronik seperti telepon seluler/handphone. Proses transaksi ini dilakukan dengan SMS Banking melalui fitus SMS alias Short Message Service. Dengan SMS banking ini kamu bisa melakukan transaksi Digital payment, agar kamu bisa menggunakan transaksi Digital payment ini, kamu harus mendaftarkan terlebih dahulu nomor ponsel kamu ditempat kamu menabung. Setelah itu kamu bisa melakukan berbagai transaksi pembayaran menggunakan polsel kamu menggunakan UMB (USSD Menu Browser) *141#.

2.  Internet Banking

internet banking juga merupakan layanan transaksi finansial yang ditawarkan perbankan. Layanan ini bisa dilakukan menggunkana telepon seluler dan juga fasilitas internet. Untuk bisa melakukan transaksi menggunakan layanan ini Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Anda harus pergi ke bank tempat Anda menabung denngan membawa Kartu Identitas, buku tabungan dan juga kartu ATM, tidak lupa Anda harus sudah memiliki alamat email aktif. Setelah itu pihak bank akan mendaftarkan Anda menggunakan data tersebut. Setelah proses selesai Anda bisa melukan transaksi Digital Payment di ponsel Anda.

3.  Mobile banking

Sama halnya dengan SMS dan Internet Banking, Mobile Banking juga merupakan layanan yang disediakan oleh pihak perbankan di Indonesia untuk mempermudan kegiatan finansoal seperti pembayaraan secara digital.

Cara menggunakan layanan ini sangat mudah, cukup dengan men-download Aplikasi Mobile Banking melalui Playstore atau App Store sesuai dengan Bank tempat kamu nemabung. Anda harus mendatangi cabang bank terdekat Anda. Setelahnya Anda perlu mengikuti proses aktivasi sesuai dengan prosedur bank tersebut.

Jika semua proses aktifasi Mobile Banking Anda telah selesai, kamu bisa menggunakan semua fitur yang ada di Mobile Banking dengan mudah.

4.  QR Code

QR code merupakan singkatan dari quick response code, QR code mampu menyimpan lebih banyak data dibanding barcode. QR Code dapat memberikan berbagai jenis informasi secara langsung, manfaat lain QR code dapat menampilkan tejs pada pengguna data membuka URL yang dikirimkan.

Dalam dunia usaha. QR code digunakan sebagai alat pembayaran. Pembayaran dengan metode ini sangat mudah dan cepat karena hanya perlu mencan barcode pembayaran untuk mengirim uang, tanpa harus melakukan transfer atau menuliskan rekening bank.

5.      Uang Elektronik (e-Money)

Uang elektronik merupakan layanan pembayaran dalam bentuk media eketronik, dimana penyimpanan uang dan semua layanan dilakukan menggunakan media elektronik. Penggunaan layanan  Uang Elektronik (e-Money) tentunya hasus menggunakan jaringan Internet. Penyimpanan uang dilakukan dengan cara menyetorkan terlebih dahulu kepada penerbit atau penyedia layanan. Layanan ini merupakan digital Payment paling banyak diminati Masyarakat Indonesia karena penggunaannya yang mudah dan simple. Proses transaksi yang disediakan di layanan ini seperti deposit dan pembayaran dengan cara transfer. Beberapa perusahaan di Indonesia banyak yang menciptakan uang elektronik dan sudah dikenal masyarakat Indonesia, salah satu layanan Uang Elektronik (e-Money) adalah Apliaksi Yopay.

Apliakis Yopay merupakan E-money yang menyedikan berbagai macam pilihan transaksi pembayaran, seperti pembelian pulsa, paket data, game dan lainnya. Aplikasi Yopay mudah digunakan, banyak promo yang bisa kamu manfaatkan. Dapatkan keuntunganmu sebanyak mungkin, apapun transaksinya Yopay solusinya #PastiDetikan

Bagikan

Berlangganan Sekarang

Update berita & promo terbaru YOPAY!

Yopay footer-min

Jadi Untung Sekarang Juga

#PastiDetikan

4.4

Play Store

4.4/5