Kebijakan Privasi Yopay

KEBIJAKAN PRIVASI

 

  1. PENDAHULUAN

 

1.1 Yopay Indonesia (”Yopay“, “Perusahaan”, atau ”kami“). Kami dengan serius bertanggung jawab berdasarkan peraturan perundang-undangan tentang privasi yang berlaku di Indonesia (“Peraturan Yang Berlaku“) dan berkomitmen untuk menghormati hak dan masalah privasi semua pengguna produk dan/atau layanan kami (secara bersama-sama kami menyebut setiap produk dan/atau layanan yang kami sediakan, termasuk namun tidak terbatas kepada Aplikasi Digital Yopay (“Aplikasi Yopay”) dan produk dan/atau layanan yang kami sediakan sebagaimana yang dijelaskan dalam aplikasi tersebut      sebagai ”Layanan“). Kami mengakui pentingnya data pribadi yang telah anda percayakan kepada kami dan percaya bahwa merupakan tanggung jawab kami untuk mengelola, melindungi dan mengolah data pribadi anda dengan baik. Kebijakan Privasi ini (“Kebijakan Privasi“ atau ”Kebijakan“) berlaku bagi semua pengguna dari Layanan dan dirancang untuk membantu anda memahami bagaimana kami mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan dan/atau mengolah data pribadi yang telah anda percayakan kepada kami dan/atau kami miliki tentang anda, baik di masa sekarang maupun di masa mendatang, serta untuk membantu anda membuat keputusan yang tepat sebelum memberikan data pribadi anda kepada kami. 

 

1.2 ”Data Pribadi” atau ”data pribadi“ berarti data, baik benar maupun tidak, tentang individu yang dapat diidentifikasi dari data tersebut, atau dari data dan informasi lainnya yang dapat atau kemungkinan dapat diakses oleh suatu organisasi. Contoh umum data pribadi dapat mencakup nama, nomor identifikasi dan informasi kontak.

 

1.3 Dengan menggunakan Layanan, mendaftarkan akun pada kami, mengunjungi Aplikasi Yopay, atau mengakses Layanan, anda mengakui dan setuju bahwa anda menerima praktik, persyaratan, dan/atau kebijakan yang diuraikan dalam Kebijakan Privasi ini, dan anda dengan ini mengizinkan kami untuk mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan dan/atau mengolah data pribadi anda seperti yang dijelaskan di sini.

 

1.4 Kebijakan Privasi ini telah disesuaikan dengan dan tunduk pada hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, termasuk ketentuan peraturan Otoritas Jasa Keuangan. Dalam hal terdapat ketentuan peraturan perundang-undangan yang mewajibkan Yopay atau Member melakukan penyesuaian atau melakukan tindakan tertentu yang terkait dengan setiap tindakan dalam Kebijakan Privasi ini, maka ketentuan tersebut dianggap telah tercantum di dalam Kebijakan Privasi ini dan secara otomatis berlaku terhadap aktivitas tersebut dan wajib dilakukan oleh Yopay atau Member.

 

  1. KAPAN YOPAY AKAN MENGUMPULKAN DATA PRIBADI?

 

2.1 Kami akan/mungkin mengumpulkan data pribadi anda: 

 

  • saat anda mendaftar dan/atau membuka sebuah akun dengan kami, atau menggunakan Layanan     . 

 

  • saat anda mengirimkan formulir apapun, termasuk, tetapi tidak terbatas pada, formulir permohonan atau formulir lainnya yang berkaitan dengan produk dan layanan kami, baik secara online maupun dalam bentuk fisik; 

 

  • saat anda membuat perjanjian atau memberikan dokumen atau informasi lainnya sehubungan dengan interaksi anda dengan kami, atau saat anda menggunakan produk dan layanan kami;

 

  • saat anda berinteraksi dengan kami, seperti melalui sambungan telepon (yang mungkin direkam), surat, faks, pertemuan tatap muka, platform media sosial dan email; 

 

  • saat anda menggunakan layanan elektronik kami, atau berinteraksi dengan kami melalui Aplikasi Yopay atau menggunakan Layanan. Ini termasuk, dengan tidak terbatas pada, melalui cookies yang mungkin kami gunakan saat anda berinteraksi dengan Aplikasi Yopay;

 

  • saat anda melakukan transaksi melalui Layanan;

 

  • saat anda menyampaikan kritik dan saran atau keluhan kepada kami;

 

  • saat anda mendaftar untuk suatu kontes; atau

 

  • saat anda mengirimkan data pribadi anda kepada kami dengan alasan apapun. 

 

Daftar di atas tidak dimaksudkan sebagai suatu daftar yang lengkap dan hanya menetapkan beberapa contoh umum tentang kapan data pribadi anda mungkin diambil. 

 

2.2   Kami dapat mengumpulkan data pribadi anda dari anda, afiliasi kami, pihak ketiga, dan dari sumber lainnya, termasuk namun tidak terbatas dari mitra bisnis (seperti penyedia layanan logistik atau pembayaran), biro kredit atau agensi penilai, penyedia atau mitra layanan pemasaran, program rujukan atau loyalitas, pengguna lain atas Layanan kami atau data lain yang tersedia untuk publik atau bersumber dari pemerintah. 

 

2.3   Dalam situasi tertentu, anda dapat memberikan data pribadi dari individu lain kepada kami (seperti anggota keluarga atau teman anda atau orang pada daftar kontak anda). Jika anda memberikan data pribadi mereka kepada kami, anda menyatakan dan menjamin bahwa anda telah memperoleh persetujuan atas data pribadi mereka untuk diproses sehubungan dengan Kebijakan ini dan anda menyatakan dengan tegas persetujuan tersebut dengan menyetujui Kebijakan ini.

 

  1. DATA PRIBADI APA YANG AKAN DIKUMPULKAN OLEH YOPAY?

 

3.1 Data pribadi yang mungkin kami kumpulkan dan kami proses untuk tujuan-tujuan sebagaimana diatur dalam Kebijakan Privasi ini, baik yang berasal dari anda dan/atau sumber lainnya yang tersedia untuk umum, termasuk tetapi tidak terbatas pada:

 

  • nama;
  • kartu identitas;
  • tempat dan tanggal lahir;
  • alamat surel;
  • nomor telepon;
  • pengidentifikasi biometrik, termasuk namun tidak terbatas pada sidik jari dan/atau gambar wajah anda (termasuk untuk keperluan identifikasi dan/atau verifikasi);
  • informasi yang dikirimkan oleh atau berkaitan dengan perangkat(-perangkat) yang digunakan untuk mengakses Layanan     ;
  • informasi lain apapun tentang pengguna saat pengguna mendaftarkan diri untuk menggunakan Layanan, dan saat pengguna menggunakan Layanan, serta informasi yang berkaitan dengan bagaimana pengguna menggunakan Layanan; 
  • informasi tentang jaringan anda,  termasuk daftar kontak anda saat anda memberikan dan menyatakan persetujuan dan izin di perangkat anda, dan orang serta akun yang berinteraksi dengan Anda; dan
  • seluruh data tentang konten yang digunakan pengguna.

 

3.2 Saat anda memberikan data pribadi orang lain kepada kami, anda menjamin bahwa anda telah memberitahu orang tersebut atas pengumpulan data pribadi orang tersebut oleh kami dan telah mendapatkan persetujuan dari orang tersebut atas pengumpulan, penggunaan dan pengungkapan data pribadi orang tersebut yang akan digunakan untuk salah satu dari tujuan-tujuan yang diuraikan dalam Bagian 7 di bawah ini.

 

3.3 Anda setuju untuk tidak mengirimkan informasi apapun yang tidak akurat atau menyesatkan kepada kami, dan anda setuju untuk memberitahukan kepada kami atas setiap ketidakakuratan atau perubahan terhadap informasi tersebut. Kami berhak atas kebijakan kami sendiri untuk meminta dokumen lebih lanjut untuk memverifikasi informasi yang anda telah berikan. 

 

3.4 Apabila anda tidak ingin kami mengumpulkan informasi/data pribadi yang disebutkan di atas, anda dapat menolaknya setiap saat dengan memberitahu kami secara tertulis. Informasi lebih lanjut tentang penolakan pemberian izin atas pengumpulan informasi/data pribadi anda dapat ditemukan di bagian di bawah ini yang berjudul “Bagaimana anda dapat menarik pemberian izin, menghapus, meminta akses atau mengubah informasi yang telah anda berikan kepada kami?”. Akan tetapi harap diperhatikan bahwa dengan menolak atau menarik pemberian izin anda terhadap pengumpulan, penggunaan atau pengolahan data pribadi anda oleh kami dapat mempengaruhi penggunaan Layanan      oleh anda. Misalnya, penolakan pemberian izin atas pengumpulan informasi lokasi akan menyebabkan fitur-fitur berbasis lokasi tidak dapat digunakan.

 

  1. PENGUMPULAN DATA LAINNYA

 

4.1 Sama seperti kebanyakan Platform dan aplikasi seluler, perangkat anda mengirimkan informasi yang mungkin termasuk data tentang anda yang dicatat oleh server web saat anda menjelajahi aplikasi dan/atau platform yang kami sediakan, sebagaimana berlaku, Aplikasi Yopay. Ini biasanya termasuk dengan tidak terbatas pada alamat IP perangkat, sistem operasi komputer/perangkat seluler dan jenis peramban (browser), jenis perangkat seluler, karakteristik perangkat seluler, unique device identifier (UDID) atau mobile equipment identifier (MEID) untuk perangkat seluler anda, alamat situs perujuk (jika ada), halaman yang anda kunjungi pada situs web dan aplikasi seluler kami serta waktu kunjungan, dan terkadang ”cookie“ (yang dapat dinonaktifkan dengan menggunakan preferensi peramban anda) guna membantu Aplikasi Yopay mengingat kunjungan terakhir anda. Apabila anda login, informasi ini dikaitkan dengan akun anda. Informasi juga disertakan dalam statistik anonim untuk memungkinkan kami memahami bagaimana pengunjung menggunakan Aplikasi Yopay.

 

4.2 Aplikasi seluler kami mungkin mengumpulkan informasi yang tepat mengenai lokasi perangkat seluler anda dengan menggunakan teknologi seperti GPS, Wi-Fi, dsb. Kami mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan dan/atau mengolah informasi ini untuk satu Tujuan atau lebih termasuk, dengan tidak terbatas pada, layanan berbasis lokasi yang anda minta atau untuk mengirimkan konten yang relevan dengan anda berdasarkan lokasi anda atau untuk memungkinkan anda berbagi lokasi anda dengan pengguna lainnya sebagai bagian dari layanan aplikasi seluler kami. Untuk kebanyakan perangkat seluler, anda dapat menarik izin anda terhadap pemerolehan informasi yang kami lakukan tentang lokasi anda ini melalui pengaturan perangkat anda. Apabila anda memiliki pertanyaan tentang bagaimana cara menonaktifkan layanan lokasi perangkat seluler anda, silakan hubungi penyedia layanan perangkat seluler atau produsen perangkat anda. 

 

  1. COOKIES

 

5.1 Dari waktu ke waktu kami mungkin mengimplementasikan ”cookies“ atau fitur lainnya guna memungkinkan kami atau pihak ketiga untuk mengumpulkan atau berbagi informasi yang akan membantu kami meningkatkan Aplikasi Yopay dan Layanan yang kami tawarkan, atau membantu kami menawarkan layanan dan fitur baru. “Cookies” adalah pengidentifikasi yang kami transfer ke komputer atau perangkat lunak anda yang memungkinkan kami mengenali komputer atau perangkat seluler anda dan memberi tahu kami bagaimana dan kapan Layanan atau Aplikasi Yopay digunakan atau dikunjungi, oleh berapa banyak orang serta melacak aktivitas dalam Aplikasi Yopay. Kami dapat menautkan informasi cookies ke data pribadi. Cookies juga tertaut pada informasi tentang barang yang telah anda pilih untuk dibeli dan halaman yang telah anda lihat. Cookies juga digunakan untuk mengirimkan konten yang sesuai dengan minat anda dan memantau penggunaan Layanan.

 

5.2 Anda dapat menolak penggunaan cookies dengan memilih pengaturan yang sesuai pada peramban atau perangkat seluler anda. Akan tetapi, harap diperhatikan bahwa apabila anda melakukan hal ini, anda mungkin tidak dapat menggunakan fungsi penuh Aplikasi Yopay atau Layanan.

 

  1. MELIHAT DAN MENGUNDUH KONTEN DAN IKLAN

 

Sama seperti ketika anda menjelajahi halaman di Aplikasi Yopay, saat anda melihat konten dan iklan serta mengakses perangkat lunak di Aplikasi Yopay atau melalui Layanan, informasi tersebut mungkin dikirimkan kepada kami (termasuk, dengan tidak terbatas pada, Alamat IP, sistem operasi, dsb.); tetapi bukannya tentang berapa kali halaman dilihat, perangkat seluler anda mengirimkan informasi kepada kami tentang konten, iklan yang dilihat dan/atau perangkat lunak yang dipasang oleh Layanan dan Aplikasi Yopay dan waktu.

 

  1. BAGAIMANA YOPAY MENGGUNAKAN INFORMASI YANG ANDA BERIKAN KEPADA YOPAY?

 

7.1 Kami dapat mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan dan/atau mengolah data pribadi anda untuk satu atau lebih dari tujuan-tujuan berikut ini:

 

  • mempertimbangkan dan/atau mengolah aplikasi/transaksi anda dengan kami atau transaksi maupun komunikasi anda dengan pihak ketiga melalui Layanan;

 

  • mengelola, mengoperasikan, menyediakan dan/atau mengurus penggunaan dan/atau akses anda ke Layanan, serta hubungan anda dan akun anda dengan kami.

 

  • menanggapi, mengolah, berurusan dengan atau menyelesaikan transaksi dan/atau memenuhi permintaan anda untuk produk dan layanan tertentu serta memberitahu anda tentang masalah layanan dan tindakan akun yang tidak lazim;

 

  • memberlakukan Syarat Layanan atau perjanjian lisensi pengguna akhir apapun yang berlaku;

 

  • melindungi keselamatan pribadi dan hak, milik atau keselamatan pihak lainnya;

 

  • untuk identifikasi dan/atau verifikasi;

 

  • untuk mengevaluasi dan membuat keputusan sehubungan dengan limit kredit anda atau resiko profil dan kelayakan anda untuk semua fasilitas diaplikasi yopay, yang mana yang berlaku;

 

  • mempertahankan dan memberikan setiap pembaruan perangkat lunak dan/atau pembaruan lainnya serta dukungan yang mungkin diperlukan dari waktu ke waktu untuk memastikan kelancaran Layanan kami; 

 

  • berurusan dengan atau memfasilitasi layanan pelanggan, melaksanakan instruksi anda, berurusan dengan atau menanggapi setiap pertanyaan yang diajukan oleh (atau konon diajukan oleh) anda atau atas nama anda;

 

  • menghubungi anda atau berkomunikasi dengan anda melalui panggilan telepon, pesan teks dan/atau pesan faks, email dan/atau surat pos atau cara lainnya untuk tujuan mengurus dan/atau mengelola hubungan anda dengan kami atau penggunaan Layanan kami oleh anda, seperti tetapi tidak terbatas pada mengkomunikasikan informasi administratif kepada anda yang berkaitan dengan Layanan kami. Anda mengakui dan setuju bahwa komunikasi semacam itu oleh kami dapat dilakukan dengan mengirimkan surat, dokumen atau pemberitahuan kepada anda, yang dapat melibatkan pengungkapan data pribadi tertentu tentang anda untuk melakukan pengiriman tersebut serta tercantum juga pada sampul luar amplop/paket pos; 

 

  • mengadakan kegiatan penelitian, analisis dan pengembangan (termasuk, tetapi tidak terbatas pada, analisis data, survei, pengembangan produk dan layanan dan/atau pembuatan profil), untuk menganalisis bagaimana anda menggunakan Layanan kami, meningkatkan Layanan atau produk kami dan/atau meningkatkan pengalaman pelanggan anda;

 

  • memungkinkan iklan dan audit dan survei lainnya untuk, antara lain, memvalidasi ukuran dan komposisi audiens sasaran kami, serta memahami pengalaman mereka dengan Layanan;

 

  • menawarkan program dan penawaran loyalitas, mitra dan bonus dan upaya pemasaran co-branded lainnya, seperti program loyalitas merchant, penawaran penjual dalam kolaborasi dengan pihak ketiga;

 

  • untuk pemasaran dan dalam hal ini, untuk mengirimkan kepada anda melalui berbagai moda komunikasi, informasi dan materi pemasaran dan promosi yang berkaitan dengan produk dan/atau layanan (termasuk, dengan tidak terbatas pada, produk dan/atau layanan pihak ketiga yang mungkin bekerja sama atau terikat dengan kami) yang mungkin dijual, dipasarkan atau dipromosikan oleh kami (dan/atau anak perusahaan, afiliasi atau perusahaan terkait kami), baik apakah produk atau layanan tersebut sudah ada sekarang atau diciptakan di masa mendatang. Anda dapat memilih untuk berhenti berlangganan dalam penerimaan informasi pemasaran setiap saat dengan menghubungi kami. Kami dapat menggunakan informasi kontak anda untuk mengirimkan newsletter dari kami dan dari perusahaan terkait kami kepada anda sesuai dengan Persetujuan yang Anda berikan melalui Layanan kami. 

 

  • menanggapi proses hukum atau mematuhi atau sebagaimana diwajibkan oleh setiap hukum, persyaratan pemerintah atau peraturan yang berlaku dengan yurisdiksi yang relevan, termasuk, dengan tidak terbatas pada, memenuhi persyaratan untuk melakukan pengungkapan berdasarkan persyaratan hukum yang mengikat kami atau anak perusahaan, afiliasi atau perusahaan terkait kami;

 

  • menghasilkan statistik dan penelitian untuk pelaporan internal dan yang diwajibkan oleh hukum dan/atau persyaratan penyimpanan arsip;

 

  • melaksanakan uji tuntas atau kegiatan penyaringan lainnya (termasuk, dengan tidak terbatas pada, pemeriksaan latar belakang) sesuai dengan kewajiban hukum atau peraturan atau prosedur manajemen risiko kami yang mungkin diwajibkan oleh hukum atau yang telah diberlakukan oleh kami;

 

  • mengaudit Layanan kami atau bisnis kami;

 

  • mencegah atau menyelidiki setiap penipuan, kegiatan yang melanggar hukum, pembiaran atau kesalahan, baik yang berhubungan dengan penggunaan Layanan kami oleh anda atau setiap hal lain apapun yang timbul dari hubungan anda dengan kami, dan baik apakah ada kecurigaan tentang hal tersebut di atas atau tidak;

 

  • memberlakukan dan melindungi hak-hak Perusahaan atau anak perusahaan, afiliasi atau perusahaan terkaitnya;

 

  • melindungi kepentingan yang sah dari Perusahaan atau anak perusahaan, afiliasi atau perusahaan terkaitnya, termasuk tetapi tidak terbatas pada menjalankan tujuan operasional internal Perusahaan atau anak perusahaan, afiliasi atau perusahaan terkaitnya. Misalnya, keamanan tempat dan properti kami, analisis data, jaminan kualitas layanan, asuransi, audit, teknologi informasi dan keamanan jaringan dan manajemen risiko; 

 

  • menyimpan, menyelenggarakan, membuat cadangan (baik untuk pemulihan setelah bencana atau hal lainnya) data pribadi anda, baik di dalam maupun di luar wilayah yurisdiksi anda;

 

  • berurusan dengan/dan atau memfasilitasi transaksi aset bisnis atau kemungkinan transaksi aset bisnis, di mana transaksi tersebut melibatkan Perusahaan sebagai peserta atau hanya melibatkan anak perusahaan, afiliasi atau perusahaan terkait dari Perusahaan sebagai peserta atau melibatkan Perusahaan dan/atau satu atau lebih anak perusahaan, afiliasi atau perusahaan terkait dari Perusahaan sebagai peserta, dan mungkin juga ada organisasi pihak ketiga lainnya yang menjadi peserta dalam transaksi tersebut. “Transaksi aset bisnis” mengacu pada pembelian, penjualan, penyewaan, penggabungan, peleburan atau bentuk akuisisi, pelepasan atau pembiayaan suatu organisasi atau bagian dari suatu organisasi atau bisnis maupun aset apapun dari suatu organisasi; dan/atau

 

  • setiap tujuan lain yang akan kami beritahukan kepada anda pada saat memperoleh persetujuan anda.

 

(secara bersama-sama disebut sebagai “Tujuan”).

 

7.2 Anda mengakui, mengizinkan dan menyetujui bahwa kami dapat mengakses, memelihara dan mengungkapkan informasi akun anda apabila diwajibkan oleh undang-undang atau menurut putusan pengadilan atau oleh pemerintah atau badan pengawas yang memiliki yurisdiksi atas Perusahaan atau dengan itikad baik bahwa akses, pemeliharaan atau pengungkapan tersebut diperlukan sewajarnya untuk: (a) mematuhi proses hukum; (b) memenuhi permohonan dari pemerintah atau badan pengawas yang memiliki yurisdiksi atas Perusahaan; (c) memberlakukan Syarat Layanan atau Kebijakan Privasi ini; (d) menanggapi setiap ancaman atau klaim aktual yang ditujukan terhadap Perusahaan; (e) menanggapi permohonan yang diajukan oleh anda mengenai layanan pelanggan; atau (f) melindungi hak, properti atau keamanan pribadi Perusahaan, penggunanya dan/atau publik. 

 

7.3 Kami dapat merekam dan mengamati interaksi anda dengan kami termasuk panggilan telepon, surat, faks, pertemuan tatap muka, platform media sosial, email dan bentuk komunikasi lainnya, dengan atau tanpa penggunaan nada otomatis maupun perangkat peringatan lainnya. Kami dapat menggunakan rekaman tersebut untuk memeriksa instruksi anda kepada kami, menilai, menganalisis dan meningkatkan layanan kami, melatih staf kami, mengelola risiko atau untuk Tujuan lainnya yang dijelaskan di atas. Terlepas dari hal-hal yang disebutkan sebelumnya, kami tidak memiliki kewajiban untuk membuat catatan atau rekaman apapun, atau memelihara salinan dari setiap catatan atau rekaman, dan kegagalan dalam menjalankan hal tersebut tidak akan dengan cara apapun mengurangi hak-hak kami. 

  

7.4 Karena tujuan kami akan/mungkin mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan atau mengolah data pribadi anda tergantung pada situasi yang dihadapi, tujuan tersebut mungkin tidak tertera di atas. Akan tetapi, kami akan memberitahu anda tentang tujuan lain semacam itu pada saat memperoleh persetujuan anda, kecuali pengolahan data yang berlaku tanpa persetujuan anda diizinkan oleh Peraturan Yang Berlaku.

 

  1. BAGAIMANA YOPAY MELINDUNGI INFORMASI PELANGGAN?

 

Kami menerapkan berbagai langkah pengamanan dan berusaha untuk memastikan keamanan data pribadi anda di sistem kami. Data pribadi pengguna berada di belakang jaringan yang aman dan hanya dapat diakses oleh sejumlah kecil karyawan yang memiliki hak akses khusus ke sistem tersebut. Namun, kami tidak menjamin adanya keamanan mutlak pada sistem kami. Kami akan menyimpan data pribadi (termasuk namun tidak terbatas pada gambar wajah) dengan cara dan untuk jangka waktu sesuai dengan Peraturan Yang Berlaku dan/atau hukum lain yang berlaku. Karenanya, kami akan memusnahkan atau membuat anonim data pribadi anda ketika kami secara wajar menetapkan bahwa (i) tujuan data pribadi tersebut dikumpulkan tidak lagi tercapai dengan penyimpanan data pribadi tersebut; (ii) penyimpanan tidak lagi diperlukan untuk tujuan hukum atau bisnis apapun; dan (iii) tidak ada kepentingan yang sah lainnya yang memerlukan penyimpanan data pribadi tersebut. Apabila anda berhenti menggunakan Layanan, atau izin anda untuk menggunakan Layanan diakhiri, kami dapat terus menyimpan, menggunakan dan/atau mengungkapkan data pribadi anda sesuai dengan Kebijakan Privasi ini dan kewajiban kami berdasarkan Peraturan Yang Berlaku. Dengan tunduk pada hukum yang berlaku, kami dapat membuang data pribadi anda secara aman tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada anda.

 

  1. APAKAH YOPAY MENGUNGKAPKAN INFORMASI YANG DIKUMPULKANNYA DARI PENGGUNA KEPADA PIHAK LUAR?

 

9.1 Dalam menjalankan bisnis kami, kami akan/mungkin perlu mengungkapkan data pribadi anda kepada penyedia layanan pihak ketiga, agen dan/atau afiliasi atau perusahaan terkait kami, dan/atau pihak ketiga lainnya, untuk satu atau lebih Tujuan yang disebutkan di atas. Penyedia layanan pihak ketiga, agen dan/atau afiliasi atau perusahaan terkait dan/atau pihak ketiga lainnya tersebut akan mengolah data pribadi anda atas nama kami atau pihak lainnya, untuk satu atau lebih Tujuan yang disebutkan di atas. Pihak ketiga tersebut termasuk, dengan tidak terbatas pada:




  • anak perusahaan, afiliasi dan perusahaan terkait kami;

 

  • kontraktor, agen, penyedia layanan dan pihak ketiga lainnya yang kami gunakan untuk mendukung bisnis kami. Ini termasuk tetapi tidak terbatas pada mereka yang menyediakan layanan administratif atau lainnya kepada kami seperti:

 

  • jasa pos dan perusahaan telekomunikasi;
  • mitra co-brand ketika anda mengajukan suatu produk atau memiliki produk co-brand;
  • penyedia layanan TI dan infrastruktur, termasuk penyedia layanan cloud dan pusat data;
  • agen pemasaran, periklanan, dan komunikasi;
  • biro kredit dan/atau agen referensi kredit;
  • auditor eksternal, konsultan, dan penasihat profesional;
  • pihak-pihak yang bertindak atas nama anda, penerima pembayaran, penerima manfaat, perantara, bank agen dan koresponden, bursa, repositori data perdagangan, dan lembaga kliring dan sistem kliring dan penyelesaian;
  • lembaga keuangan lainnya, agen pencegahan penipuan, asosiasi perdagangan, dan agen pemulihan utang;
  • asosiasi kartu, pedagang, merchant dan pihak ketiga lainnya terkait layanan kartu;
  • introducing broker manapun yang kami berikan instruksi atau referensi ke atau dari siapa kami menerimanya; dan
  • pihak ketiga manapun yang kami gunakan untuk menyediakan Layanan kepada anda.

 

  • pembeli atau penerus lainnya dalam hal terjadi penggabungan, divestasi, restrukturisasi, reorganisasi, pembubaran atau penjualan atau pengalihan lainnya atas beberapa atau semua aset Perusahaan, baik secara berkelanjutan atau sebagai bagian dari kepailitan, likuidasi atau proses serupa, dimana data pribadi yang dimiliki oleh kami tentang pengguna adalah salah satu aset yang dialihkan; atau kepada rekanan dalam suatu transaksi aset bisnis yang melibatkan Perusahaan atau salah satu anak perusahaan, afiliasi atau perusahaan terkaitnya; dan

 

  • pihak ketiga kepada siapa kami mengungkapkan data tersebut untuk satu Tujuan atau lebih dan pihak ketiga tersebut pada gilirannya akan mengumpulkan dan mengolah data pribadi anda untuk satu Tujuan atau lebih.

 

Kami hanya akan memberikan data pribadi kepada penyedia layanan kami yang diperlukan untuk menjalankan layanan mereka. Kami akan mengambil semua langkah yang secara wajar diperlukan untuk memastikan bahwa data pribadi anda diperlakukan dengan aman dan sesuai dengan Kebijakan Privasi ini serta Peraturan Yang Berlaku. 

 

9.2 Ini mungkin memerlukan, antara lain, berbagi informasi statistik dan demografis tentang pengguna kami dan penggunaan Layanan oleh mereka kepada pemasok iklan dan pemrograman.

 

9.3 Untuk menghindari keraguan, dalam hal Peraturan Yang Berlaku atau hukum yang berlaku lainnya mengizinkan suatu organisasi seperti kami untuk mengumpulkan, menggunakan atau mengungkapkan data pribadi anda tanpa persetujuan anda, izin yang diberikan oleh hukum tersebut akan terus berlaku.

 

9.4 Pihak ketiga mungkin menyadap atau mengakses data pribadi yang dikirimkan ke atau tersimpan di Aplikasi Yopay tanpa izin, teknologi mungkin mengalami kerusakan fungsi atau tidak bekerja seperti yang diharapkan, atau seseorang mungkin mengakses, memanfaatkan atau menyalahgunakan informasi tanpa ada kesalahan dari pihak kami. Meski demikian kami akan menggunakan pengaturan keamanan yang wajar untuk melindungi data pribadi anda seperti yang disyaratkan oleh Peraturan Yang Berlaku; akan tetapi tidak dapat dihindari, tidak ada jaminan keamanan mutlak seperti tetapi tidak terbatas pada pengungkapan tanpa izin yang timbul dari peretasan yang berbahaya dan canggih oleh pihak yang tidak senang atau memusuhi tanpa adanya kesalahan dari pihak kami.

  

 

  1.       INFORMASI YANG DIKUMPULKAN OLEH PIHAK KETIGA

 

Kami, dan pihak ketiga, dari waktu ke waktu dapat menyediakan unduhan aplikasi perangkat lunak untuk anda gunakan di atau melalui Layanan. Aplikasi ini dapat mengakses secara terpisah, dan memungkinkan pihak ketiga untuk melihat informasi identifikasi anda, seperti nama anda, nama ID pengguna anda, alamat IP perangkat seluler anda atau informasi lainnya seperti cookies yang mungkin sebelumnya telah anda pasang atau dipasang untuk anda oleh aplikasi perangkat lunak atau situs web pihak ketiga. Selain itu, aplikasi ini dapat meminta anda untuk memberikan informasi tambahan secara langsung kepada pihak ketiga. Produk atau layanan pihak ketiga yang disediakan melalui aplikasi ini tidak dimiliki atau dikendalikan oleh kami. Anda disarankan untuk membaca syarat dan kebijakan yang diterbitkan oleh pihak ketiga tersebut di situs web mereka atau di tempat lainnya. 

 

  1. PENAFIAN TENTANG KEAMANAN DAN SITUS PIHAK KETIGA

 

11.1 KAMI TIDAK MENJAMIN KEAMANAN DATA PRIBADI DAN/ATAU INFORMASI LAIN YANG ANDA BERIKAN DI SITUS PIHAK KETIGA. Kami menerapkan berbagai langkah pengamanan untuk menjaga keamanan data pribadi anda yang kami miliki atau berada di bawah kendali kami. Data pribadi anda berada di belakang jaringan yang aman dan hanya dapat diakses oleh sejumlah kecil orang yang memiliki hak akses khusus ke sistem tersebut, dan diwajibkan untuk menjaga kerahasiaan data pribadi tersebut. Saat anda mengakses data pribadi anda, kami menawarkan penggunaan server yang aman. Semua data pribadi atau informasi sensitif yang anda berikan dienkripsi ke dalam database kami hanya untuk diakses seperti yang disebutkan di atas.

 

11.2 Dalam upaya untuk memberikan nilai yang lebih baik kepada anda, kami mungkin memilih berbagai situs web pihak ketiga untuk ditautkan dan dibingkai dalam Layanan     . Kami juga dapat berpartisipasi dalam pencitraan merek bersama dan hubungan lainnya untuk menawarkan layanan dan fitur lainnya kepada pengguna kami. Situs tautan ini memiliki kebijakan privasi serta pengaturan keamanan yang terpisah dan berdiri sendiri. Bahkan jika pihak ketiga tersebut terafiliasi dengan kami, kami tidak memiliki kendali atas situs tautan tersebut, dan masing-masing situs tersebut memiliki praktik privasi dan pengumpulan data yang terpisah dari kami dan berdiri sendiri. Data yang dikumpulkan oleh mitra kami dalam pencitraan merek bersama atau situs web pihak ketiga (bahkan jika ditawarkan di atau melalui Layanan) mungkin tidak diterima oleh kami. 

 

11.3 Karenanya kami tidak bertanggung jawab atau memiliki kewajiban apapun atas konten, pengaturan keamanan (atau tidak adanya hal tersebut) dan kegiatan situs tertaut ini. Situs tertaut ini hanya untuk kenyamanan anda dan karenanya anda mengaksesnya dengan risiko anda sendiri. Meski demikian, kami berupaya untuk melindungi integritas Layanan      dan masing-masing tautan yang ditempatkan dan karenanya kami menyambut setiap masukan tentang situs tertaut tersebut (termasuk, dengan tidak terbatas pada, bila tautan tertentu tidak berfungsi).

 

  1. APAKAH YOPAY MEMINDAHKAN INFORMASI ANDA KE LUAR NEGERI?

Data dan/atau informasi pribadi anda dapat dipindahkan ke, disimpan atau diproses di luar Indonesia. Untuk kebanyakan kasus, data pribadi anda akan diproses di Indonesia, di tempat server kami berada dan pusat basis data kami beroperasi. Kami hanya akan memindahkan informasi anda ke luar negeri sesuai dengan Peraturan Yang Berlaku.

  1. BAGAIMANA ANDA DAPAT MENARIK PEMBERIAN IZIN, MEMINTA AKSES ATAU MEMBETULKAN INFORMASI YANG TELAH ANDA BERIKAN KEPADA YOPAY?

 

13.1 Menarik Pemberian Izin

 

13.1.1 Anda dapat menarik izin anda untuk pengumpulan, penggunaan dan/atau pengungkapan data pribadi anda yang kami miliki atau berada di bawah kendali kami dengan mengirimkan email kepada Layanan Pelanggan kami di alamat email yang tercantum di bawah di Bagian 14, dan kami akan memproses permintaan Anda sesuai dengan Kebijakan Privasi ini dan kewajiban-kewajiban kami berdasarkan Peraturan Yang Berlaku dan hukum yang berlaku lainnya. Akan tetapi, penarikan izin anda dapat berarti bahwa kami tidak akan dapat terus menyediakan Layanan kepada anda dan kami mungkin perlu mengakhiri hubungan dan/atau kontrak yang anda miliki dengan kami.

          

 

13.2. Meminta Akses atau Pembetulan Data Pribadi

 

13.2.1. Anda dapat mengakses dan/atau membetulkan sendiri data pribadi Anda yang saat ini kami miliki atau kendalikan melalui halaman Pengaturan Akun di Aplikasi Yopay atau dengan mengirimkan permohonan tertulis kepada kami untuk mengakses dan/atau membetulkan data pribadi. Kami akan membutuhkan informasi yang cukup dari Anda untuk memastikan identitas Anda serta sifat permintaan Anda agar kami dapat menangani permintaan Anda. Karenanya, silakan kirim permintaan tertulis Anda dengan mengirimkan email kepada kami di alamat email yang tercantum di bawah di Bagian 14.

 

13.2.2. Kami juga dapat mengenakan biaya yang wajar kepada Anda untuk penanganan dan pemrosesan permintaan Anda untuk mengakses data pribadi Anda. Apabila kami memilih untuk mengenakan biaya, kami akan memberikan perkiraan biaya yang akan kami kenakan kepada Anda secara tertulis. Harap diperhatikan bahwa kami tidak diwajibkan untuk menanggapi atau menangani permintaan akses Anda kecuali Anda telah setuju untuk membayar biaya tersebut.

 

13.2.3. Kami berhak untuk menolak membetulkan data pribadi Anda sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam Peraturan Yang Berlaku, bila ketentuan tersebut mewajibkan dan/atau memberikan hak kepada suatu organisasi untuk menolak membetulkan data pribadi dalam situasi yang dinyatakan.



  1. PERTANYAAN, MASALAH ATAU KELUHAN? HUBUNGI KAMI

 

Apabila anda memiliki pertanyaan, masalah atau keluhan terkait dengan praktik privasi kami, anda dapat menghubungi Layanan Pelanggan kami:

 

  • dengan menghubungi kami melalui email di cs@Yopay.co.id; atau
  • dengan menelepon hotline kami di nomor 0321-588104

 

Terakhir diperbaharui:  20 November 2023