Farmer with tablet for working organic hydroponic vegetable garden at greenhouse. Smart agriculture, farm , sensor technology concept. Farmer hand using tablet for monitoring temperature.

Writer by dhanav

Mojokerto, 8 Agustus 2021

 

 

Pandemi covid-19 yang berkelanjutan menyebabkan sektor pertumbuhan ekonomi di berbagai wilayah menjadi lemah. Banyak perusahaan besar dan para pengusaha umkm harus menutup usaha mereka karena pendapatan mereka terpuruk.

Untuk para pekerja kantoran, bekerja dari rumah merupakan salah satu hal tidak terbayangkan yang akhirnya menjadi kenyataan, sebagai akibat dari adanya pandemi Covid-19. Orang-orang yang semula harus berangkat ke kantor untuk bekerja, kini bisa melakukan rutinitas tersebut dari rumah. Bahkan, sebagian orang juga memilih untuk memulai bisnis dari rumah demi menambah pemasukan di tengah situasi pandemi Covid-19.

Dimasa pandemi covid-19, usaha rumahan dan usaha online menjadi alternatif yang dipilih oleh banyak orang, karena sektor usaha rumahan memiliki banyak kelebihan. Lantas, bisnis rumahan apa saja yang menjanjikan untuk dicoba?. Nih usaha rumahan ala yopay yang bisa kalian coba.

  1. Berjualan Makanan Hewan Peliharaan (Pet Food)

Salah satu rekomendasi usaha rumahan yang bagus adalah berjualan makanan hewan peliharaan (pet food). Untuk berbisnis dibidang ini tidak begitu memerlukan skill atau modal yang besar. Berjualan pet food, semua orang boleh melakukannya. Terlebih, pet food kini sudah banyak diproduksi dalam bentuk kering dan kemasan, sehingga penjual tidak perlu khawatir pakan akan basi jika masih ada stok berlebih.

  1. Bimbingan Belajar Online

Pandemi covid 19 yang berkepanjangan membuat sektor pendidikan di Indonesia terhambat. Semua instansi pendidikan tidak bisa melakukan pembelajaran tatap muka, dan pemerintah memutuskan untuk membuat sistem pembelajaran online. Dengan beralihnya pembelajaran di sekolah menjadi pembelajaran jarak jauh, bisnis pasar untuk bimbingan belajar online cenderung tumbuh. Hal ini didorong banyak orang tua yang membutuhkan bantuan agar anak-anak mereka bisa menyelesaikan pekerjaan rumah dan menyelesaikan pelajaran mereka.

  1. Business consumer good by online and delivery

Pandemi covid-19 yang berkepanjangan berdampak juga di sektor lalu lintas, yakni penutupan

beberapa wilayah karena sistem PPKM. Nah dari sini peluang Business consumer good by online and delivery terbuka lebar. Dengan adanya pembatasan  makan di tempat yang berlaku di sejumlah daerah, keberadaan restoran/tempat makan yang menyediakan layanan pesan-antar semakin diminati. Terlebih, tidak semua orang mau dan mampu memasak sendiri di rumah, sehingga permintaan untuk produk-produk makanan cenderung mengalami peningkatan. Pemasaran produk bisa dilakukan secara online dengan menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan bahkan WhatsApp

  1. Jualan Online

Saat ini, jumlah pengguna internet Indonesia mencapai 73,7 persen dari jumlah penduduk. Hal ini merupakan peluang dan potensi yang cukup besar bagi pemula yang ingin mencoba peruntungan untuk memulai bisnis secara daring atau jualan online. Bagi kalian yang suka bergelut di dunia digital, kalian bisa mencoba berjualan online dengan menggunakan media website atau media sosial. Jualan di media online menjadi alternatif yang sangat baik, karena meminimalisir kontak dengan banyak orang.

  1. Bisnis Hidroponik

Pandemi covid banyak membawa dampak yang signifikan terhadap kehidupan manusia dalam segala aspek. Perubahan tersebut bekerja pada level global maupun lokal. Pola kehidupan yang cenderung berubah, turut serta membentuk kebiasaan baru pula. Salah satu kegiatan yang tengah mencuri perhatian masyarakat dari berbagai lapisan adalah berkebun. Bagi kalian pecinta sayuran dan buah-buahan organik, kalian bisa mencoba membuka usaha dibidang pertanian mini di rumah, mungkin dari kalian disini yang mempunyai pekarangan kosong/lahan kosong di rumah bisa dimanfaatkan untuk menanam sayuran atau buah-buah organik. Pasar sayuran organik atau buah organik di Indonesia masih terbuka lebar, jadi nanti hasilnya bisa kalian pasarkan melalui media online

  1. Bisnis masker dan hand sanitizer

Dan yang terakhir adalah membuka bisnis jualan masker dan handsanitizer. Bisnis yang satu ini memiliki peluang yang sangat tinggi, karena hampir semua orang membutuhkan. Kalau yang satu ini sudah jelas. Sekarang siapa yang tidak membutuhkan masker dan hand sanitizer? Bahkan, bagi sebagian orang ada yang membawa lebih dari satu jenis di tasnya ketiga bepergian. Itu mengapa, kedua produk ini jelas punya peluang yang menjanjikan. Masih akan terus dicari banyak orang hingga tahun depan. Modal yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis ini pun terbilang kecil karena Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.